mobilinanews

Pocket Bike, Kecil-Kecil Cabe Rawit : Jangan Anggap Remeh Menungganginya!

Selasa, 13/12/2016 15:03 WIB
Pocket Bike, Kecil-Kecil Cabe Rawit : Jangan Anggap Remeh Menungganginya!

mobilinanews (Jakarta) - Melihat bentuknya yang mungil, pocket bike (miniGP) terkesan mudah dikendarai. Tapi itu salah! Pocket bike yang bentuknya menyerupai motor GP dimensi mini, bukanlah mainan. Kecil-kecil cabe rawit ini, punya ajangnya tersendiri, peruntukan balap.

“Yang jelas pocket bike bukan sebatas motor hobi yang bisa digunakan untuk mainan. Karena bentuknya yang mungil, tentu ada handicap tersendiri yang akan dirasakan oleh penunggangnya, jauh berbeda dengan motor pada umumnya,” tukas Harlan Fadhillah, kepada mobilinanews.

Menurut pembalap seeded asal Jakarta itu, sumbu roda depan dan belakang yang sangat pendek menuntut keseimbangan ridernya. Untuk trek lurus saja perlu beberapa kali upaya sehingga pocket bike dapat berjalan sempurna.

“Sekelas pebalap jago sekalipun juga harus beradaptasi untuk mengendarai pocket bike di trek lurus, apalagi untuk bermanuver di tikungan. Bagi pemula, apalagi yang mau kompetisi, sangat disarankan ganti stang yang lebih panjang dan rubah posisi kaki sedikit lebih mundur,” ungkap pria yang memiliki workshop MiniGP Garage di Cibubur itu.

Khusus bermanuver di tikungan, keseimbangan dibutuhkan kesigapan ekstra. Posisi pocket bike yang pendek menyulitkan joki saat menikung. Salah-salah akan memapas aspal, dan terjungkal.

Ditekankan Harlan, butuh banyak latihan sebelum kompetisi. Latihan yang rutin dilakukan akan mempermudah riders memahami karakter si motor serta melatih fleksibilitas badan untuk mengendalikan motor mini yang dapat melesat hingga 80 km/jam ini.

Dalam rangka persiapan gelaran MiniGP Fun Race yang akan diselenggarakan mobilinanews di Mangga Dua Square, 31 Desember mendatang. Panduan singkat mengendarai pocket bike ini tentunya akan bermanfaat.

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti kompetisi yang akan diadakan 6 kelas utama ini, atau sekedar menjadi saksi kemeriahan  ajang balap tutup tahun, segera bersiap dari sekarang. Kapan lagi bisa balapan di mal?! (Adityaoka)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo