mobilinanews

Ketua Pengcab IOF Balikpapan Ini Ternyata Modifikator Ulung

Kamis, 05/04/2018 12:02 WIB
Ketua Pengcab IOF Balikpapan Ini Ternyata Modifikator Ulung
Gatot Koco namanya, Ketua IOF Balikpapan jabatannya, modifikator jagonya. (foto : eka)

mobilinanews (Balikpapan) - Kalau mau turun di ajang adventure off-road tentunya harus memiliki kendaraan yang siap tempur. Tanpa itu, mustahil bisa mengikuti event yang kini semakin ekstrem dan menantang nyali. Jip yang dikendarai wajib tangguh agar bisa mencapai finish gate.

Kadung hobi, Gatot Koco selaku Ketua Pengurus Cabang Indonesia Off-road Federation (Pengcab IOF) Balikpapan mempersiapkan kendaraan andalannya. Pilihan jatuh pada Ford Ranger double cabin tipe T6 lansiran 2012.

Tak puas kondisi standar, Ranger dibedah di bengkel Export milik Gatot. "Bodi T6 tetap dipertahankan, dapur pacu ganti 13B-T, mesin diesel 4 segaris milik Toyota," buka Gatot Koco. 13B-T adalah versi turbocharger dari 13B dengan rasio kompresi 17,6:1. Mesin berkapasitas silinder 3.431 cc ini versi terakhir bisa menyemburkan power 130 PS. Tenaga segitu cukup dibawa extreme off-road sekalipun.

Lanjut sektor kaki-kaki. Gardan depan dan belakang ganti punya Toyota VX80. Pasang locker front and back. Suspensi pilih King Coilovers. Ban yang pas dipasang Simeks tipe 17/12-35, sama depan dan belakang.

Agar bisa keluar dari jebakan lumpur, dipercayakan winch WARN 8274 buat depan dan tipe lebih kecil 8000 untuk belakang. Nah, biar aman, radiator pindah lokasi ke buritan. Posisinya ada di atas bak belakang. Lalu snorkle diarahkan ke atas biar tak kena semburan asap mesin diesel.

Eit, tentunya sekarang tak murni lagi hasilnya. Ibarat gado-gado, komponen lain ikut terpasang. Namanya kendaraan modifikasi, pastilah terjadi kawin silang. "Modifikasi sendiri, waktunya sekitar 11 bulan," beber pria berambut gondrong ini.

Penasaran, hasilnya tentu harus diuji dalam event adventure. Berau 4x4 Tropical Challenge 2017 yang diadakan 13-17 Desember lalu telah cukup menjadi bukti. Kini Gatot Koco yang berpasangan dengan Eka sebagai navigator plus mekanik sedang bersiap mengikuti event Meratus Xpedition 2018 dua pekan lagi.

"Sementara buat bangun mobil sendiri dulu, ke depan untuk umum dan teman yang hobbies offroad," pungkas Gatot yang sedang menyiapkan bengkel Export sebagai worshop modifikasi jip di Balikpapan.

Mantap! (Bangve)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo