mobilinanews

GIIAS 2019 dan Akhir dari Penantian Panjang Penggemar Suzuki Jimny

Rabu, 24/07/2019 21:22 WIB
GIIAS 2019 dan Akhir dari Penantian Panjang Penggemar Suzuki Jimny
GIIAS 2019 akhiri penantian panjang penggemar Suzuki Jimny yang berasal dari lintas generasi

mobilinanews (Tangerang) - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung dari tanggal 18-28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD menjadi ajang pengenalan produk baru oleh para pelaku industri otomotif ternama.

Dari semua produk baru yang diluncurkan di GIIAS 2019, kalian semua pasti sepakat kalau All New Suzuki Jimny menjadi model yang paling dinanti. Pasalnya model ini sudah lebih dari setahun lamanya ditunggu-tunggu para penggemar.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Suzuki di Indonesia terbilang sukses dalam melakukan pengenalan dan sosialisasi generasi terbaru Jimny ini kepada masyarakat Indonesia.

Diperkenalkan pertama kali sebagai mobil konsep di GIIAS 2018, All New Jimny mampu menjadi magnet yang membuat booth Suzuki penuh sesak hanya untuk melihat dan meraba generasi terbaru sang legenda ini.

Kemudian, berlanjut di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung April lalu di JIExpo, Kemyoran, lagi-lagi All New Jimny kembali menjadi bintang di booth Suzuki. Namun kala itu, kesabaran konsumen masih diuji karena Suzuki hanya membuka pemesanan saja.

Tak lama berselang setelah berakhirnya IIMS 2019, giliran price list harga All New Jimny yang beredar di segala penjuru media dan sumber informasi lainnya. Hal ini pun selalu ditanggapi dengan cerdas dan diplomatis oleh pihak PT SIS perihal pertanyaan seputar All New Jimny dan list harga yang bocor itu.

"Tunggu saja tanggal mainnya." Kira-kira kalimat inilah yang paling sering dilontarkan para petinggi di PT SIS saat dibombardir pertanyaan kapan Jimny benar-benar dipasarkan dan tiba di tangan konsumen.

Hingga akhirnya, usai sudah penantian panjang pencinta Jimny. GIIAS 2019 menjadi panggung All New Jimny yang sesungguhnya.

PT SIS resmi meluncurkan All New Jimny di hari pembukaan GIIAS 2019, Kamis (18/7) tepatnya di booth Suzuki. Kabar ini pun mendominasi headline pemberitaan, yang artinya All New Jimny memang sudah begitu dinantikan dan punya banyak penggemar.

Bukan tanpa alasan, ada banyak faktor pastinya. Model Jimny pertama kali masuk ke Indonesia sejak 1979 dan telah melalui tiga generasi. Pada generasi ke-4 ini, wujud dan spesifikasi Jimny agaknya sesuai dengan ekspektasi konsumen atau bahkan melebihi. Karena para SUV enthusiast yang juga offroader profesional juga tidak canggung-canggung memberikan dua jempol serta pujian untuk generasi terbaru Jimny.

Salah satunya, Julian Johan, offroader nasional yang sudah kenyang pengalaman di event lokal dan internasional ini mengatakan meski All New Jimny menawarkan hal baru namun justru mampu menjawab kerinduan.

“Jimny generasi ke-4 ini mengembalikkan lagi elemen-elemen yang dirindukan oleh para penggemarnya dari Jimny generasi ke-2. Misalnya bentuk body kotak, bentuk dashboard, sampai ornamen-ornamen kecil lainnya. Historisnya tetap melekat, dan harganya sangat masuk akal," kata Jeje, sapaan akrab Julian Johan.

Benar saja, dalam sebuah kesempatan, Chief Engineer Jimny dari Suzuki Motor Corporation (SMC), yakni Hiroyuki Yonezawa membeberkan beberapa fakta menarik.

Sebelum mengembangkan model baru Jimny, ia dan tim dari Suzuki melakukan riset mendalam dengan melibatkan banyak pengguna kendaraan off road profesional, sehingga wujud akhir All New Jimny sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para pencinta mobil bergenre off road.

“Rancangan Jimny generasi keempat ini memang kami buat untuk memberikan pengalaman mengemudi yang tangguh di berbagai medan, baik untuk pengguna mobil sehari-hari hingga offroader profesional," terang Hiroyuki Yonezawa.

Yonezawa juga menyadari kalau usia Jimny yang sudah puluhan tahun di Indonesia membuat model ini memiliki penggemar dari lintas generasi.

Jadi, sangat wajar kiranya kalau jumlah pemesan All New Jimny begitu berjibun. Tak hanya konsumen kota-kota besar saja, bahkan di Banjarmasin saja kuota All New Jimny sudah ludes terjual.

Fakta ini terungkap saat redaksi mobilinanews berkunjung ke dealer Mitra Suzuki Banjarmasin beberapa hari sebelum GIIAS 2019 bergulir. Di Banjarmasin, sudah ada pelanggan yang membayar DP bahkan rela membayar cash meskipun unit mobilnya belum tersedia.

"Sudah banyak yang pesan, sudah bayar DP dan segala macam dari tahun lalu. Cuma karena suplai kan nggak bisa langsung dan kita tetap harus nunggu. Kuota Jimny untuk Banjarmasin sudah ludes (habis) walaupun unit belum ada disini," kata Felix Han, Director of Operations Mitra Suzuki kepada redaksi mobilinanews.

Kondisi ini secara otomatis membuat Mitra Suzuki Banjarmasin juga telah mempersiapkan segala hal terkait aftersales All New Jimny agar menjamin kepuasan konsumen. “Seperti mobil lain yang kita jual disini. Perlakuan yang sama juga untuk Jimny. Spare part sudah dipesan dan sedang dalam proses dikirim ke sini, khususnya yang fast moving," kata Djoko Susianto, Spare Part Manager dealer Mitra Suzuki Banjarmasin.

Bicara sejarah Jimny, sejak muncul di tahun 1979, Jimny terus tumbuh bersama masyarakat Indonesia. Total Jimny telah terjual lebih dari 130.000 unit di wilayah Nusantara.

Untuk generasi terbaru ini, PT SIS menghadirkan delapan pilihan warna. Single tone yang terdiri dari Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green. Serta two tone yang terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black pearl 3.

Varian single tone MT dijual seharga Rp 315,5 juta, untuk varian two tone MT dibanderol Rp 317,5 juta. Kemudian untuk single tone AT Rp 328 juta sedangkan varian two tone AT dibanderol Rp 330 juta on the road Jakarta.

All New Jimny mengusung mesin 1.462 cc 4-silinder VVT, dengan kode K15B. Kendaraan ini dilengkapi dengan dua pilihan transmisi yakni otomatis dan manual. Selain itu, keduanya juga dibekali kemampuan off-road dengan mode berkendara 2H, 4H dan 4L. (adr)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo