mobilinanews
Home »

Perawatan Kendaraan Hybrid dan Non Hybrid, Ini Bedanya

Rabu, 09/10/2019 17:28 WIB
Perawatan Kendaraan Hybrid dan Non Hybrid, Ini Bedanya
Auto2000 Banyuwangi melayani perawatan mobil Hybrid

mobilinanews (Banyuwangi) - Banyak orang yang beranggapan kalau perawatan kendaraan Hybrid akan jauh lebih rumit dibandingkan kendaraan gasoline atau mesin bensin. Namun kenyataannya tidak begitu.

Pada dasarnya perawatan atau service kendaraan hybrid nyaris sama dengan kendaraan non hybrid. Beberapa aspek perawatan tidak ada yang berbeda seperti bagian engine, sasis, dan electrical.

Hanya saja, untuk kendaraan hybrid ada penambahan pengecekan pada bagian pendingin baterai.

"Untuk service berkala, baik hybrid maupun non hybrid itu sama saja. Item dan waktu servicenya juga sama. Tapi untuk hybrid ada tambahan pengecekan di bagian pendingin baterai," ujar Faozan, kepala bengkel Auto2000 Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Faozan menambahkan pendingin baterai menjadi salah satu part penting untuk kendaraan hybrid sehingga setiap 6 bulan harus dicek dan dibersihkan. Jika harus diganti harganya juga cukup murah hanya Rp 60 ribu.

"Karena hybrid ini kan enginenya ada dua, jadi ada item pendingin baterai itu yang harus diperhatikan. Karena baterai ini kan voltasenya tinggi jadi sangat panas. Jadi hanya ini penambahan pengecekan di hybrid," lanjut Faozan.

Sementara itu, line up kendaraan hybrid Toyota memberikan garansi baterai 5 tahun atau 150 ribu km. Untuk harga baterai model C-HR Hybrid misalnya dibanderol di atas Rp 100 juta. (adr)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo