mobilinanews

Antara Avanza dan Veloz, Mana Yang Menarik ?

Senin, 14/09/2015 17:04 WIB
Antara Avanza dan Veloz, Mana Yang Menarik ?
Foto - Zie/mobilinanews
Persaingan satu merek antara Avanza dan Veloz

mobilinanews (Jakarta) - Bicara soal mobil keluarga, cenderung orang langsung berfikir kepada model Multi Purpose Vehicle (MPV) yang muat 7 orang sekaligus. Di Indonesia sendiri banyak merek otomotif yang menawarkan kendaraan MPV dengan berbagai keunggulannya.

Salah satunya adalah Toyota yang menawarkan mobil MPV nomor satu dan terbaru di Indonesia, Grand New Avanza dan saudara sporty-nya, Grand New Veloz. Kehadiran keduanya memang menjadi kebahagiaan bagi pecinta Avanza dan Veloz. Namun tidak sedikit juga yang bimbang menentukan pilihan mereka.

Apalagi bicara perbandingan soal mesin yang keduanya menawarkan varian mesin 1.500 cc. Sama-sama mengusung teknologi mesin baru, Dual VVT-i dan sama-sama sebagai varian tambahan terbaru.

"Kami menempatkan posisi keduanya berbeda. Avanza masih merupakan mobil kebanggaan bagi keluarga di Indonesia. Sampai saat ini penjualannya masih jadi pemimpin segmen low MPV. Sementara Veloz hadir bagi mereka pecinta mobil keluarga, tetapi tetap menginginkan kesan sporty pada kendaraannya," jelas Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT TAM saat peluncuran keduanya beberapa bulan lalu.  

Nah, untuk lebih memudahkan konsumen, mobilinanews coba memaparkan sedikit soal perbedaan dan kelebihan masing-masing.
   
PT Toyota Astra Motor (TAM) membekali Grand New Avanza dan Grand New Veloz berbagai kelengkapan baru sebagai pemikat konsumen. Meski secara tampilan keduanya berbeda gaya.

Wajah baru Grand New Avanza

Beda pertama nampak dari wajahnya. Desain grill dan bemper masing-masing punya karakter tersendiri. Air dam Veloz terkesan memisah dengan grill, beda dengan Avanza yang hadir dengan air dam menyatu di grilll. Makin mudah mengenali keduanya dari desain pelek, bentuk asimetris pada Grand New Veloz, dan pelek kipas pada Grand New Avanza.

Di bagian buritan, karena Veloz jadi varian yang lebih mahal, kini sudah dilengkapi backdoor garnish dan lampu belakang model smoke color.

Dari segi pilihan warna, Avanza menyediakan warna yang lebih beragam dibanding Veloz. Pada Avanza hadir 8 warna pilihan, silver Mica Met, Dark Steel Mica, White, Black Met, Maroon Mica, Gray Met, Champagne Met, dan satu tambahan warna baru, Light Blue Met.

Veloz hanya menyediakan 4 pilihan warna awal Avanza, Silver, Dark Steel Mica, White dan Black Metallic.

Avanza dan Veloz terbaru saling berlomba memikat konsumen

Kabin interior keduanya juga dibuat berbeda. Pada Grand New Veloz kesan gelap menjadi penegas aura sporty yang ditawarkan oleh Veloz. Sementara Avanza menawarkan kehangatan warna keluarga dengan aplikasi warna coklat.

Kualitas audio juga dibuat sedikit berbeda. Meski sama-sama dilengkapi sistem audio 2DIN, namun Grand New Avanza hanya diperkuat 4 buah speaker sebagai penunjang entertainment dalam kabin, pada Veloz sudah ada 6 speaker. Tentu kualitas suara audio-nya jauh berbeda.

Balutan kulit di lingkar kemudi yang dilengkapi dengan switch audio control juga jadi kelebihan lain dari Grand New Veloz dibanding Grand New Avanza.

Satu lagi perbedaan yang nanti ditemui saat membandingkan keduanya adalah, pada Gran New Avanza 1.5, hanya ada transmisi manual saja. Namun kalau lebih memilih Gran New Veloz, transmisi otomatisnya juga tersedia. Selain itu, fitur tambahan berupa ABS dan anti kabut pada kaca belakang khusus tersedia pada Veloz.

Sudah tahu apa beda dan keunggulannya kan, sekarang mobilinanews kasih harganya saja. Toyota Gran New Avanza 1.5 Transmisi manual dibanderol dengan harga Rp211 juta. Grand New Veloz 1.5 transmisi manual dikenakan harga Rp226,9 juta, dan yang transmisi otomatis seharga 215,1 juta.

Jadi, pilih mana, Avanza untuk keluarga atau Veloz demi terlihat kian kekinian dan sporty???

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo