mobilinanews

MotoGP 2020: Dorna Batalkan Seri Inggris dan Australia, Bukan Gegara Corona

Sabtu, 30/05/2020 04:30 WIB
MotoGP 2020: Dorna Batalkan Seri Inggris dan Australia, Bukan Gegara Corona
Semarak balap MotoGP di Philip Island, dipastikan tak hadir di musim 2020. (Foto: roadracingworld)

mobilinanews (Spanyol) - Para ahli memprediksi pandemi virus Corona akan reda pada Juli 2020.

Jika demikian, lantas kenapa Dorna Sport harus membatalkan 2 seri ikonik MotoGP : GP Inggris pada 30 Agustus dan GP Australia pada 25 Oktober?

Jumat (29/5/2020) malam atau Sabtu (30/5/2020) dini hari WIB, Dorna selaku promotor MotoGP mengeluarkan rilis bersama IRTA (Asosiasi Tim MotoGP) dan FIM (Federasi balap Motor Internasional) soal pembatalan kedua event yang punya magnet tersendiri dalam serial balap motor dunia itu.

Alasannya bukan karena Corona sebagaimana pembatalan seri terdahulu, tapi lebih ke masalah operasional dan logistik.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyebut pembatalan kedua event itu terpaksa mereka lakukan terkait masalah dua aspek tersebut tanpa menyebut detailnya. 

"Dengan perasaan sedih kami harus umumkan pembatalam kedua balapan ikonik ini setelah menemui jalan buntu soal operasional dan logistik," kata Ezpeleta.

Kuat dugaan masalahnya adalah soal beban biaya penyelenggaraan. Maklum, seluruh pengelola sirkuit saat ini kesulitan keuangan akibat pandemi Covid-19.

Akan sangat berat jika dibebani promoter fee sementara penonton yang akan datang ke sirkuit diperkirakan belum akan normal.

Artinya, pengelola sirkuit yang hanya dapat hak dari penjualan tiket tentu beresiko rugi jika tetap menggelar acara sesuai jadwal.

"Kami sangat kecewa dengan pembatalan ini, namun memahaminya karena situasi terkini. Saya mohon maaf kepada fans Inggris," ucap bos Sirukit Silverstone, Stuart Pringle.

Silverstone akan menjadi tuan rumah balap F1 tanpa penonton. Tapi, seluruh biaya operasional ditanggung oleh Liberty Media selaku pemilik event.

Bisa jadi, syarat ini yang tidak ingin dipenuhi oleh Dorna karena GP Inggris pada akhir Agustus itu diperkirakan sudah bisa menghadirkan penonton ke sirkuit.

Ini akan jadi kali pertama GP Inggris tak berlangsung dalam 70 tahun terakhir. 

Kekecewaan sama dilontarkan Ketua Grand prix Corporation Australia Paul Little AO. "Sayang sekali penggemar tak bisa menyaksikan balapan di salah satu sirkuit terbaik dunia. Meyedihkan tapi keputusan sudah dibuat."

Ya, memang menyedihkan karena Silverstone dan Philip Island acap menyajikan hasil balapan yang diluar dugaan.

Kedua seri ini bisa dibilang favorit dan selalu ditunggu fans MotoGP di seluruh dunia melalui tayangan langsung di televisi. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo