mobilinanews

Pilih Ban Tubeless Atau Ban Biasa, Dengar Apa Kata Sherly

Sabtu, 16/01/2021 22:10 WIB
Pilih Ban Tubeless Atau Ban Biasa, Dengar Apa Kata Sherly

mobilinanews (Jakarta) - Tema yang dibahas IG TV dari IRC Tire kali ini tentang Pilih Ban Tubeless Atau Ban Biasa, Ini Keunggulan dan Perbedaannya.

Dibawakan secara menarik oleh Sherly yang menjadi host di acara dengan titel Motor Xpress tersebut, pembahasan terkait ban untuk sepeda motor ini berlangsung ringan serta mudah dipahami.

"Mungkin buat sobat balap mania masih ada yang belum paham tentang ban tubeless dan ban tubetype (ban biasa). Mari kita ulas bersama yaa," buka Sherly.

Ada dua tipe ban yakni tubeless dan biasa yang masing-masing memiliki keunggulan serta perbedaan tersendiri.

Jadi sebelum memilih tipe ban yang akan digunakan di sepeda motor kalian, alangkah baiknya pahami dulu tentang perbedaan ban tubeless dan ban biasa ini.

Ban Tubeless

Ban tubeless ini dalam dinding ban akan timbul tulisan tubeless. Material ban tubeless bagian dalamnya akan dilapisi inner liner yang berfungsi sebagai pengganti ban dalam. Jadi lebih praktis ya gaes.

Nah, dari segi bentuk ban tubeless lebih bulat dibandingan ban biasa. Lebih nyaman dipakai untuk menikung maupun dalam kondisi hujan. Ban tubeless sendiri lebih tebal dan lebih kuat dari ban biasa, lebih kokoh untuk berbagai kondisi jalan.

Selain itu, ban tubeless bisa bertahan lebih lama dan lebih tahan akan kebocoran, dikarenakan  bagian dalamnya dilapisi komponen fluid sealant sehingga tekanan udara tidak langsung drop apabila terkena tusukan benda tajam.

Melihat berbagai keunggulan ini, ban tubeless memiliki harga relatif lebih mahal dibandingkan ban biasa.

Ban Biasa 

Sementara ban biasa juga mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya bentuk ban yang cenderung persegi membuat keseimbangan lebih baik.

Selain itu, ban biasa mempunyai performa meredam gataran yang cukup baik dan lebih tahan panas.

Ban biasa harganya relatif murah dan ketika mengalami kebocoran lebih mudah untuk diperbaiki hampir di semua bagian ban.

Nah, keunggulan dan perbedaan antara ban tubeless dan ban biasa ini bisa dijadikan pertimbangan bagi sobat mania ketika akan membeli ban yang sesuai kendaraan dan kebutuhan. (hilary)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo