mobilinanews

Kekurangan Komponen, Pabrik Honda di Amerika Berhenti Produksi

Kamis, 18/03/2021 12:10 WIB
Kekurangan Komponen, Pabrik Honda di Amerika Berhenti Produksi
Salah satu model Mid-SUV Honda yang cukup diminati di pasar Amerika dan Kanada. Produksinya kemungkinan tertunda karena masalah ketersediaan pasokan komponen

mobilinanews (Jakarta) - Pasokan komponen mobil menjadi kendala dalam sebuah bisnis perakitan kendaraan. Rantai pasokan komponen yang macet dapat membuat produksi dapat menurun drastis bahkan ditutup sama sekali.

Hal ini yang terjadi pada beberapa pabrik Honda di Amerka dan Kanada yang mengalami masalah pasokan komponen. Barang pendukung produksi yang tidak bisa dikirim karena penutupun pelabuhan di berbagai negara bagian di Amerika membuat mereka terpaksa harus menghentikan produksinya.

Carscoops, Kamis (18/3) melaporkan dalam sebuah pernyataan resmi otoritas Honda di Amerika menyebutkan dampak Covid-19 menjadi problem utama pengiriman komponen pendukung untuk pembuatan mobil. Sejumlah pelabuhan masih ditutup, karena Covid-19 juga cuaca dengin dalam beberapa minggu terakhir.

Honda belum merinci berapa lama pabriknya akan ditutup sementara, sambil menunggu pasokan komponen mengalir setelah kondisi membaik. Pabrik yang menghentikan produksi berlokasi di Ontario, Ohio, Alabama, dan Indiana. Hanya pabriknya di Meksiko tidak terkena dampak.

Sejauh ini, Honda Amerika belum menyebutkan berapa banyak kendaraan yang akan terpengaruh oleh penghentian produksi tersebut. Kejadian ini cukup membuat Honda merugi karena biasanya mereka memproduksi sekitar 30 ribu unit seminggu di Amerika Serikat dan Kanada.

Keterlambatan pasokan komponen kali ini merupakan yang pertama kali sehingga Honda harus berpikir keras untuk mengatasinya dan praktis mengubah rencana manufakturnya tahun ini.

Kekurangan chip semikonduktor menjadi penyebab utama pada sebagian besar pabrikan mobil harus menunda produksinya. Padahal saat ini, ada peningkatan permintaan konsumen yang sudah familiar dengan komponen elektronik pada mobil. (Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo