mobilinanews

Perlengkapan Pembalap dan Mobil Wajib Bersertifikasi FIA Dengan Homologasi 5 Tahun!

Rabu, 07/07/2021 21:45 WIB
Perlengkapan Pembalap dan Mobil Wajib Bersertifikasi FIA Dengan Homologasi 5 Tahun!
Anton Chaidir, Ketua Komisi Teknik Olahraga Mobil IMI Pusat

mobilinanews (Jakarta) - Untuk bisa mengikuti balap mobil di bawah IMI (Ikatan Motor Indonesia), ada 2 hal pokok yang harus dipenuhi. Yaitu perlengkapan pada pembalap dan mobil itu sendiri.

"Perlengkapan itu harus dipenuhi, demi keselamatan pembalap selama mengikuti balapan, baik dari benturan maupun kebakaran yang mungkin terjadi," ungkap Anton "Ceper" Chaidir pada Webinar IMI - FIA Sport Grand Programme Return to Race, Rabu (7/7/2021) hari ini.

Ceper - sapaan akrabnya - yang Ketua Komisi Teknik Olahraga Mobil IMI Pusat menyampaikan itu pada sesi presentasi dengan angle Spesifikasi Keselamatan Mobil Balap dan Mobil Rally.

"Pembalap harus memakai sepatu balap, baju balap, balak lava, sarung tangan, helm dan Hans. Tujuannya melindungi benturan dan resiko kebakaran saat balap," terangnya.

Sepatu balap salah satu kegunaannya menutup mata kaki. Kemudian baju balap dibolehkan yang nomax alias anti api. Juga sarung tangan, balak lava, helm dan HANS.

Semua perlengkapan itu harus memiliki sertifikasi FIA dan ditunjukkan dengan adanya kode yang tertera.

"Khusus untuk helm, sekurangnya sudah Standar Nasional Indonesia (SNI). Dan helm yang baik memiliki kait untuk pemasangan HANS yang baik dan benar," lanjut Ceper.

Pemakaian helm tidak boleh longgar, dan tidak boleh berputar ketika dipakai.

Terkait HANS (Head and Neck Support), menurut Ceper, telah diwajibkan oleh FIA sejak 2009 seluruh pembalap mobil wajib memakainya untuk melindungi kepala dan leher jika terjadi benturan.

Sedangkan untuk mobil, wajib ada sabuk keselamatan, roll cage minimal 6 titik, tabung pemadam kebakaran minimal 4 kg berat bersih serta pemutus arus listrik (cut off).

"Untuk tabung pemadam kebakaran ini tiap 2 tahun harus diganti isinya dengan yany baru, sedangkan untuk tabungnya harus dicek secara keseluruhan per 5 tahun diperlukan penggantian," terang Ceper.

Oya, untuk hampir seluruh perlengkapan baik buat pembalap dan mobil tersebut, masa homologasi dari FIA selama 5 tahun. Dan setelahnya harus diperbarui.

'Perlengkapan yang kami sebutkan di atas harus ada dalam mobil, keselamatan untuk mobil balap dan rally. Dan, untuk bisa mengikuti balapan harus jalankan Prokes dengan ketat di masa new normal ini. Salam olahraga," pungkas Ceper. (bs)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo