mobilinanews

Tertangkap Uji Coba, GR Yaris Bakal Jadi Mobil Balap Toyota Gazoo Racing?

Jum'at, 06/08/2021 16:30 WIB
Tertangkap Uji Coba, GR Yaris Bakal Jadi Mobil Balap Toyota Gazoo Racing?
Uji coba Toyota GR Yaris saat melibas sebuah sirkuit balap di Jerman

mobilinanews (Jakarta) - Sejak diluncurkan pada Januari 2020, Toyota GR Yaris telah menjadi salah satu model hatchback paling diminati dan cukup berkontribusi bagi penjualan Toyota.

Meskipun demikian Toyota nampaknya mempersiapkan versi lain untuk trek yang akan mengikutinya.

Hal ini membuktikan bahwa para petrolhead yang menyukai dan mencintai dunia balap mendambakan homologasi spesial dari ras reli baru seperti yang dibawa GR Yaris, yang paling tidak akan memberikan sensasi tersendiri di dunia balap.

Kemampuan yang dianggap cukup mumpuni dari Toyota GR Yaris cukup menggoda Toyota Gazoo Racing, yang tampaknya ingin mengembangkan versi yang lebih mumpuni dari hatchback ini.

Bila dilihat dari uji cobanya di sirkuit Nurburgring, Jepang, Yaris anyar ini mengenakan sedikit tambahan aero dan beberapa fitur khusus. Cara Toyota memberikannya perangkat pendukung untuk memompa performanya mambuat GR Yaris layak ada di medan rally.

Carscoops mengungkap, ini merupakan kedua kalinya GR Yaris diuji di lintasan, karena mobil ini, sangat mirip dengan model yang pernah dilihat di Green Hell pada Oktober 2020.

Secara rinci, GR Yaris dilengkapi dengan komponen aero seperti canard di bumper depan, ventilasi tambahan di spatbor depan, dan sayap belakang yang besar, yang secara lengsung menunjukan jati dirinya, sebagai varian yang berfokus pada trek.

Dibandingkan dengan mobil uji sebelumnya, GR Yaris yang baru ini memiliki lebih banyak kamuflase pada bagian samping dan ventilasinya. Roda yang tidak serasi dan tabung ekstra di bagian belakang mungkin membantu para insinyur Toyota mengumpulkan lebih banyak data untuk pengaturan kendaraan.

Para pecinta balap berharap versi produksi yang akan datang, hadir dengan suspensi dan penyetelan sasis yang lebih agresif, body kit yang berbeda untuk downforce yang lebih besar dan bobot yang lebih rendah.

Mobil ini, kabarnya menggendong mesin 1.6 liter turbocharged tiga silinder dapat menghasilkan tenaga lebih besar, meskipun dalamlaporannya, ia mempertahankan peringkat daya 257 hp dari GR Yaris standar.

Ia menggunakan sistem all-wheel-drive GR-Four yang terinspirasi dari kendaraan reli dan dilengkapi dengan diferensial selip terbatas Torsen opsional di kedua as roda.

Jika mobil ini benar diproyeksikan sebagai mobil balap, maka ia akan menjadi amunisi dan senjata baru bagi Gazoo Racing untuk mengatur kekuataan lebih leluasa dalam strategi balapnya.

Tidak ada informasi tentang lebih jauh tentang tanggal rilis mobil tersebut tetapi rumor menunjukkan ia bisa saja meluncur pada awal 2022. (elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo