mobilinanews

Jaga Mesin Mobil Tetap Sehat saat Masa PPKM, Wajib Ganti Oli Berkala

Jum'at, 03/09/2021 15:35 WIB
Jaga Mesin Mobil Tetap Sehat saat Masa PPKM, Wajib Ganti Oli Berkala
Teknisi Auto2000 sementara melakukan perawatan mobil konsumen

mobilinanews (Jakarta) – Mobil tetap membutuhkan perawatan di masa PPKM yang masih berlansung, karena mobil lama yang terparkir membuthkan pergantian oli untuk mendukung performanya.

Mengapa oli mesin memegang peran sangat penting pada sebuah kendaraan? karena sebagai pelumas antar komponen mesin yang saling bergesekan untuk mengurangi risiko aus sehingga dapat bergerak secara optimal sepanjang waktu.

Dalam prosesnya, oli melarutkan kotoran yang ada di dalam mesin dan membawanya ke filter oli untuk disaring. Kotoran ini timbul dari debu yang masuk melalui celah seal, bisa karena bocor atau sudah kemakan usia, dan akibat gesekan antar komponen dalam mesin berupa serpihan logam halus.

Fungsi lain dari pelumas adalah membantu mendinginkan mesin di mana panas yang timbul dari gesekan antar komponen di dalam mesin akan diteruskan oleh oli mesin ke dinding blok mesin dan selanjutnya dilepaskan keluar.

Filter oli mesin juga perlu diganti sesuai rekomendasi bengkel resminya untuk menjaga kinerjanya supaya tetap optimal.Misalnya untuk mobil Toyota bisa dilakukan peggantian oli di bengkel resmi Auto200.

Fungsi lain dari pelumas adalah membantu mendinginkan mesin di mana panas yang timbul dari gesekan antar komponen di dalam mesin akan diteruskan oleh oli mesin ke dinding blok mesin dan selanjutnya dilepaskan keluar.

Yang tidak kalah penting, senyawa kimia yang terdapat di dalam oli mesin akan mencegah terjadinya karat pada komponen di dalam mesin untuk menjaga usia pakainya.

Dampak buruk tidak mengganti oli

Struktur senyawa kimia oli mesin pasti akan berubah dan kemampuannya dalam menunaikan tugas ikut menurun seiring beroperasinya mesin mobil, apalagi jika sering menghadapi kondisi berat seperti macet parah.

Karena tidak bisa bekerja secara optimal dalam melindungi komponen mesin, gesekan akan meningkat dan meninggalkan banyak residu. Jika dibiarkan, kotoran akan menghambat kinerja mesin selain membuat komponen di dalamnya rusak lantaran fungsi utama oli mesin sudah berkurang.

Residu berlebihan turut mempengaruhi kinerja pompa dan filter oli mesin di mana jika sudah parah dapat mengakibatkan keduanya mampat. Kondisi ini juga akan menyebabkan fungsi oli lainnya, seperti membantu melepaskan panas mesin ikut berkurang dan membuat kerja radiator semakin berat.

Jika hal ini terjadi dalam waktu yang cukup panjang mesin mobil juga bisa mengalami kemacetan parah. Untuk itu, meskipun mobil lama tidak digunakan dan hanya terparkir di garasi penggantian oli tetap harus dilakukan.

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan agar menjaga mesin konsumen, disarankan untuk menggantinya waktu servis berkala setiap 6 bulan. Hal ini bisa dilakukan dengan servis berkala mobil Toyota di rumah dengan memesan layanan THS – Auto2000 Home Service.

“Mobil milik AutoFamily jarang dipakai untuk beraktivitas saat pelaksanaan aturan PPKM beberapa bulan ini, oli tetap harus diganti. Pelumas sangat vital dan risiko masalah kalau sampai alpa menggantinya sesuai aturan. Konsumen bisa manfaatkan Promo THS Peduli lewat Auto2000 Digiroom,” kata Nur Imansyah Tara. (Elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo