mobilinanews

Ini 4 Cara Bermanuver Aman Berkendara di Jalan Raya Ala Daihatsu dan GT Radial

Minggu, 24/10/2021 13:05 WIB
Ini 4 Cara Bermanuver Aman Berkendara di Jalan Raya Ala Daihatsu dan GT Radial
Daihatsu Rocky yang menggunakan ban GT Radial dalam sebuah acara test drive untuk menguji kestabilannya

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan GT Radial sebagai produsen otomotif, ikut andil dalam memberikan pemahaman soal keamanan berkendara di jalan raya. Fokus ini ditunjukan dengan sejumlah acara bertajuk safety driving.

Baru-baru ini mereka menggelar acara GOBROL ASIK bertema Safety Maneuver Dalam Aplikasi Berkendara di Jalan Raya, bersama Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) untuk memberikan tips dan pemahaman kepada masyarakat bagaimana bermanuver yang aman di jalan.

Instructor SDCI, Sony Susmana mengatakan manuver sering diartikan sebagai reaksi pengemudi ketika melakukan tindakan seperti zig-zag, selap selip, pengereman mendadak, berbelok, dan kondisi khusus lainnya.

Ia menjelaskan bahwa ada dua jenis menuver yakni manuver ekstrim yang dapat berdampak buruk ketika pengemudi tidak dapat mengontrol kendaraannya dan berujung terjadinya selip. Sedangkan manuver aman adalah pengemudi selalu dalam kontrol emosi yang stabil dan dengan penuh tanggung jawab.

Dalam berkendara, selama ini pengemudi dihadapkan pada kondisi yang cenderung nyaman, dan tidak memperhitungkan resiko bahaya, sehingga kadang dapat menurunkan tingkat kewaspadaan dan ketidaksiapan dalam mengantisipasi.

Untuk mengantisipasi hal ini, pengendara membutuhkan skill dalam mengontrol kendaraan dan menguasai emosi secara benar dan tepat. Berikut ini adalah 4 hal utama dalam mendukung manuver aman.

1. Operational (Driving technic)

Operational (driving technic), merupakan cara seseorang mengemudi, dengan paham melakukan operasional pada mobil secara benar, biasanya selalu melakukan deselerasi atau coverbrake saat situasi mengharuskan pengemudi bermanuver secara halus dengan menjaga keseimbangan kendaraan.

2. Seat Position (Ergonomis & Dinamis),

Saat mobil bermanuver, pastikan posisi duduk pengemudi sudah benar dan memenuhi 3C (Control, Communication, Comfort) seperti punggung menempel di sandaran jok, dan posisi tangan nyaman pada kemudi. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan mobil ketika bermanuver di situasi mendadak.

3. Pergerakan atau Kecepatan Selaras

Kontrol pergerakan yang selaras dengan kondisi lalu lintas di sekitar sangat penting untuk menghindari resiko kecelakaan tabrakan depan dan belakang. Selalu patuhi aturan kecepatan sesuai dengan rambu lalu lintas dan tentukan lajurnya dengan benar.

4. Track Area

Untuk dipahami, lebar jalan rata-rata berkisar 3 – 3.5 meter tergantung jenis dan kelas jalanannya. Pada jenis jalanan tertentu, umumnya dapat dirasakan kendaraan bergerak dinamis dan dapat dirasakan kondisi kendaraan seperti, roll, pitch, yaw, bounch akibat jalan yang licin dan bergelombang, serta terpaan angin maupun tenaga mesin kendaraan.

Pastikan kendaraan tetap berada di jalurnya, dan apabila akan mendahului pastikan pengemudi melakukannya dengan memperhatikan rambu-rambu yang memperbolehkan, serta blind spot yang kecil.

Head People Development Department, Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ben Faqih mengatakan acara ini ingin memberikan sharing bagaimanan penting bermanuver yang aman untuk keselamatan.

“Daihatsu dan GT Radial selalu berupaya membuat acara safety driving kepada komunitas. Kami memberikan sharing atau edukasi tentang pentingnya melakukan Safety Manuver secara aman dan tepat. Semoga program ini dapat memberikan pemahaman lebih baik untukmenunjang keselamata konsumen di jalan”, ujar Ben.(elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo