mobilinanews

Bukan Sean Gelael Atau Rio Haryanto, Ini Sosok Pembalap "Local Hero" di Jakarta E-Prix 2022!

Minggu, 20/02/2022 02:28 WIB
Bukan Sean Gelael Atau Rio Haryanto, Ini Sosok Pembalap "Local Hero" di Jakarta E-Prix 2022!
Nyck de Vries, pembalap Belanda berdarah Indonesia yang difavoritkan berjaya di Jakarta E-Prix 2022, 4 Juni mendatang

mobilinanews (Jakarta) - Bukan Sean Gelael, atau Rio Haryanto. Tapi nama ini yang akan menjadi "local hero" pada gelaran FIA Jakarta E-Prix 2022 pada 4 Juni 2022. 

Iya, namanya Nyck de Vries (27 tahun) yang akan menjadi local hero pada balapan kejuaraan dunia olahraga mobil di Indonesia, setelah 25 tahun lalu berlangsung kejuaraan dunia reli World Rally Championship (WRC) di Sumatera Utara, pada 1997.

De Vries adalah juara dunia Formula E tahun lalu bersama Mercedes-Benz EQ FE Team, dan merupakan juara termuda sejak digulirkan 8 tahun silam.

Serunya, musim lalu secara resmi balap Formula E sebagai event dengan label FIA World Championship alias kejuaraan dunia di bawah FIA. De Vries juga berlaga di ajang FIA WEC (World Endurance Championship) bersama tim G-Drive Racing.

Kok bisa pembalap Belanda ini bakal menjadi local hero pada Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta Formula E Circuit Ancol, Jakarta Utara itu?

Karena de Vries berdarah Indonesia! Itu jawaban sederhananya. De Vries juga sudah pernah ke Jakarta pada 2018 lalu, ketika diundang Sean Gelael rekan satu tim di F2 (Pertamina Prema Theodore Racing)    

Pembalap kelahiran kota Sneek, Belanda, 6 Februari 1995 ini, juga sempat bermain gokart di Sentul International Karting Circuit, Bogor.

Dalam sebuah wawancara bersama Formula E, Nyck de Vries mengaku memiliki darah Indonesia dari nenek buyutnya.

"Satu kali saya datang ke Indonesia bersama teman saya, Sean Gelael, dan dari dalam diri saya itu terasa seperti pulang ke kampung halaman," tutur De Vries.

"Saya tidak terlalu mengenal Indonesia, tapi dari yang saya baca, Indonesia adalah negara yang indah," lanjut putra Hendrik Jan De Vries tersebut. 

Bahkan sebenarnya De Vries sudah merencanakan akan datang dan berlomba di Jakarta E-Prix 2020 lalu. Sayangnya, event tersebut tak jadi berlangsung karena mulai merebaknya pandemi Covid-19. 

Namun kali ini, juara dunia FIA F2 tahun 2019 ini mulai bisa tersenyum lagi. Apalagi de Vries bakal datang ke Jakarta sebagai salah satu pembalap yang difavoritkan bisa menjadi juara Jakarta E-Prix 2022.

Saat ini, de Vries di posisi kedua klasemen pembalap FIA Formula E 2021-2022 dengan poin 29, di bawah Edoardo Mortara (tim Venturi, Swiss) dengan poin 33, dan ketiga Stoffel Vandorne (Belgia). 

De Vries memenangi round 1 FIA Formula E di Diriyah, Arab Saudi, 28/1/2022. Kemudian Mortara juara round 2 juga di Diriyah sehari kemudian 29/1/2022. Serta Pascal Wehrlein ganti yang menjadi juara round 3 FIA Formula E di Mexico City, 12 Februari 2022.

Serunya Formula E, dari 3 round yang telah digulirkan di musim 2021/2022, melahirkan 3 juara yang berbeda.

Siapa jagoan Anda pada balap Formula E di sirkuit Ancol, Jakarta Utara, 4 Juni nanti? (bs) 

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo