mobilinanews

Ketangguhan GT Radial Champiro SX-R Teruji Di Balapan RAAT Endurance 6H di Chang International Circuit Thailand

Minggu, 21/04/2024 15:48 WIB
Ketangguhan GT Radial Champiro SX-R Teruji Di Balapan RAAT Endurance 6H di Chang International Circuit Thailand
Momentum menegangkan saat mobil masuk pit stop kejuraan balap ketahanan RAAT Thailand Endurance 6H Championship di Chang International Circuit Buriram, Thailand, Minggu (21/4/2024)

mobilinanews (Thailand) - Balap ketahanan mobil (endurance) memang penuh drama dan sangat tricky. Selama 6 jam nonstop, mobil-mobil peserta tidak hanya dipacu sekencang mungkin. Namun adu strategi tim lebih utama di sini.

Terutama strategi kapan harus masuk pit stop untuk mengganti ban, isi bahan bakar, pengecekan engine hingga pergantian pembalap. Pemandangan itu, berlangsung pada RAAT Thailand Endurance 6H Championship (balap ketahanan 6 jam) di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Minggu (21/4/2024).

 Durability dan ketangguhan GT Radial Champiro SX-R teruji di balap ketahanan

Di antara beberapa faktor di atas, tentu strategi terkait ban menjadi faktor penentu sebuah sukses dan kemenangan. Dan, GT Radial Group dipercaya sebagai single supplier tire di salah satu event balap ketahanan bergengsi Asia ini.

"GT Radial Champiro SX-R membuktikan keandalan dan kekuatannya pada event RAAT Endurance 6H ini. Di beberapa kelas yang dilombakan, dengan menggunakan Champiro SX-R ukuran 195/50 R15, rata-rata penggantian ban baru saat balapan hampir 4 jam," ujar Bayu Putra Kesuma dari Team Marketing GT Radial Indonesia. 

Tim pabrikan Toyota Gazoo Racing Thailand, juga menggunakan ban dari GT Radial Group

Namun, lanjut Bayu Putra, ada juga yang menggunakan ban bekas kualifikasi dan mampu digunakan 2,5 hingga 3 jam. Dan lagi-lagi, pemakaian dan penggantian ban ini semua tergantung strategi masing-masing team.

"Catatan waktu terbaik oleh tim B-Quick Racing (kelas ECO) dengan 2.13.804. Sedangkan untuk kelas NZ Lady, dimenangkan Ayumi Racing Team dengan 2.17.042," ujar Bayu Putra yang datang ke RAAT Endurance 6H bersama team GT Radial Indonesia terdiri-dari Seiichiro Iwafune, Widi Yansen (RnD) serta Rahmad Hidayat (Sales Export). 

GT Radial Champiro SX-R yang dikenal sangat tangguh

Lalu, pada kelas OMR (One Make Race) Altis yang menggunakan GTRADIAL Champiro SX-R 215/45 R17, best time kembali diraih B-Quick Racing dengan 2.08.884 menit. 

Sementara tim pabrikan dan favorit yakni Toyota Gazoo Racing Thailand sukses menjuarai kelas Overall, Compact dan Touring. TGR Thailand menggunakan ban Giti GTR Slick Tire (sesuai regulasi balap) yang satu group dengan GTRadial.

Team GT Radial Indonesia ke RAAT Endurance 6H yakni Iwafune-san, Widi Yansen, Rahmad Hidayat dan Bayu Putra Kesuma

Kemudian pada kelas NZ Lady yang menempati posisi 2, pilih menggunakan ban SX-R Rim 15.

Selain itu, di kelas khusus dengan ukuran ban R17, rata-rata pembalap baru melakukan penggantian ban per 2-3 jam.

"Lagi-lagi, tergantung strategi team. Sedikit lebih cepat penggantiannya (ban), karena yang R17 treadwear (ukuran tapak) hanya 140, ketebalan ban sekitar 5.0 mm," terang Seiichiro Iwafune dari RnD GT Radial Indonesia. 

Champiro SX-R ukuran 195/50 R15, mampu bertahan hingga 4 jam

Sedangkan mobil yang menggunakan R15, diamati bisa lebih lama durasi pemakaiannya dengan treadwear 200, ketebalan ban 6.3 mm.

Pada event balap ketahanan 6 jam ini, total yang harus diselesaikan pembalap/team mencapai 170 lap di lintasan sepanjang 4,554 km Chang International Circuit, Buriram, Thailand.

GT Radial sebagai single supplier tire di RAAT Endurance 6H

Yang jelas, menurut Iwafune-san, banyak pengalaman serta data yang berhasil dikumpulkan untuk pengembangan GT Radial, khususnya untuk pemakaian ban di ajang balap ketahanan.

Selain mendatangkan ratusan unit ban GT Radial Champiro SX-R ke event RAAT Endurance 6H, GT Radial Indonesia juga membuka booth di Chang International Circuit. (budsan)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo