mobilinanews

F1 2022 Singapore: Leclerc Pole Sitter, Verstappen Kecewa dan Hamilton Berpeluang Cetak Kemenangan Perdana

Minggu, 02/10/2022 00:08 WIB
F1 2022 Singapore: Leclerc Pole Sitter, Verstappen Kecewa dan Hamilton Berpeluang Cetak Kemenangan Perdana
Percikan cahaya dari Ferrari F1-75 di trek jalan raya Singapore, atraksi tersendiri pada balap malam hari. (Foto: f1)

mobilinanews (Singapore) - Charles Leclerc (Ferrari) sukses meraih pole position untuk race GP Singapore pada Minggu (2/10/2022). Tapi, apakah bisa ia kawinkan dengan kemenangan, itu hal yang tak mudah diprediksi.

Pertama, karena race terancam oleh cuaca Negeri Singa yang tengah sama dengan Indonesia, tak beraturan antara hujan atau tidak. Jika hujan maka urutan di garis start bisa jadi tak banyak artinya. Faktor keberuntungan sangat dominan.

Tapi, jika dry race, bisalah Leclerc memancang target juara. Untuk memperbaiki kekecewaan di sirkuit sama pada 2019, saat ia juga meraih pole position namun gagal juara karena dikalahkan rekan Ferrari-nya saat itu, Sebastian Vettel.

"Jujur kami tak punya banyak data untuk memprediksi balapan besok. Tapi, saya yakin bisa menang," kata Leclerc.

Ya, pembalap Monaco ini harus menang di Singapore untuk tetap berada di jalur perebutan gelar 2022. Setidaknya untuk menunda waktu Max Verstappen (Red Bull) mengunci gelar karena sudah unggul 116 angka dari Leclerc.

Verstappen sendiri dirundung berbagai masalah di seri ini. Puncaknya saat sesi kualifikasi Sabtu (1/10/2022). Ia harus batalkan lap terakhirnya, kesempatan terakhir untuk pertajam waktu, karena tim mengkalkulasi bahan bakar di RB18-nya tak lagi cukup.

Jika sempat kehabisan maka ia bisa didiskualifikasi. Hasilnya, Verstappen hanya dapat grid di P8, jauh dari posisi Leclerc.

Tentu saja Verstappen marah dengan kejadian itu. Ia sangat menyesalkan kesalahan fatal kru timnya. Kekesalan itu masih tampak saat ia diwawancara stasiun tv SkySports untuk race besok.

"Saat ini saya sama sekali tak bergairah bicarakan balap besok. Yang bisa saya lakukan hanyalah berusaha sebaik-baiknya," tandasnya.

Kalau Verstappen kecewa, sebaliknya buat musuh bebuyutannya tahun lalu, Lewis Hamilton (Mercedes). Setelah tercepat di FP1 (kali pertama P1 di semua sesi sepanjang tahun ini), Hamilton pun sukses meraih posisi start  terbaiknya sepanjang musim 2022.

Ia akan awali balapan di grid ketiga. Di belakang Leclerc dan Sergio Perez (Red Bull) yang menghuni front row.

"Saya senang dengan progres ini, hasil kerja keras semua anggota tim. Ini posisi bagus untuk memulai balapan dan menarik menunggu apa yang bisa kami lakukan besok," kata juara dunia F1 7 kali itu.

Berangkat dari P3 dengan mobil yang mulai kompetitif, tentu saja ini peluang bagus Hamilton untuk meraih kemenangan perdana Mercedes di musim 2022. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo