mobilinanews

ISSOM 2022 : Pembalap Kakak Beradik Tim Delta Garage Ini Cetak Prestasi Ciamik, Umar Abdullah Pecahkan Rekor!

Senin, 07/11/2022 11:28 WIB
ISSOM 2022 : Pembalap Kakak Beradik Tim Delta Garage Ini Cetak Prestasi Ciamik, Umar Abdullah Pecahkan Rekor!
Umar Abdullah (kanan) bersama Ovie Sarjan dan Ebet tuner, mekanik peracik Honda Estilo biru momok baru di balap mobil ISSOM

mobilinnews (Bogor) - Pembalap kakak-beradik Avan dan Umar Abdullah, "membuat ulah". Iya, dua pembalap tim Bank BJB Delta Garage itu berhasil melewati pembalap dari tim pabrikan berbeda.

Pertama, Umar Abdullah berhasil "mengalahkan" Alvin Bahar andalan tim Honda Racing Indonesia di slot balapan STCR 1 di mana Umar turun di kelas FFA 3600cc STCR1. Sedangkan Alvin Bahar di kelas Kejurnas ISTCR 3600 Max. 

Meski beda kelas namun distart dalam satu slot yang sama, balapan berlangsung ketat dan sengit di mana sejak lap pertama saja keduanya sudah saling overtake.

Fight habis Umar dan Alvin Bahar

Di sisi lain Avan Abdullah, kakak dari Umar Abdullah juga berhasil menumbangkan Demas Agil dari Toyota Gazoo Racing Indonesia di kelas ITCR Max. Avan juara 1 dan Demas kedua.

Memang sih, baik Alvin maupun Demas telah mengunci gelar juara nasionalnya pada putaran sebelumnya. Namun melihat aksi keduanya di final round kemarin, tampak saling menunjukkan kemampuan terbaiknya. 

Kembali ke laptop. Serunya persaingan antara Umar dan Alvin dimulai sejak begitu lampu hijau start menyala di mana Alvin sebagai pole position dan Umar sebagai second pole langsung terlibat bentrok sebenarnya keduanya di kelas berbeda.

Umar Abdullah (tengah) di podium kelas FFA 3600cc STCR1, Budiyanto kedua dan dr Fadli Ananda ketiga

Iya, Alvin Bahar turun di kelas Kejurnas ISTCR 3600 Max merupakan kelas baru merupakan gagasan dari Ananda Mikola sebagai Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat. Tujuannya agar Indonesia dan IMI memiliki kelas balap dengan mobil relatif baru dan berkapasitas mesin cukup besar.

Selain itu, juga agar tidak ketinggalan dengan balap mobil international di luar negeri, sehingga ketika pembalap kita berlaga di ajang international tidak kaget dan bisa kompetitif.

Honda Civic Type R yang digunakan Alvin Bahar merupakan mobil yang saat ini juga dijual secara umum kepada masyarakat, dengan kapasitas mesin 2000 cc turbo. Karena sudah sporty dan kencang, sangat minim modifikasi yang dilakukan untuk turun balapan. Hanya knalpot standar diganti dengan racing.  

Sedangkan Umar Abdullah berlaga di kelas FFA 3600cc STCR1 yang umumnya diikuti mobil-mobil lama, namun diberi kebebasan untuk melakukan modifikasi bahkan mengganti dengan mesin dengan kapasitas lebih besar. Sehingga, Civic Type R tidak bisa dibandingkan aple to aple dengan Honda Estilo.  

Trio pembalap Bank BJB Delta Garage dengan performance terbaik : Dypo Fitra (kiri), Avan dan Umar Abdullah

Bukan berarti Umar tidak modal sama sekali. Untuk bisa juara, Umar mencopot mesin Estilo-nya dengan mesin SR3 K-20 gress. 

Tidak hanya itu, sukses Umar menjadi sempurna, karena juga mencetak best lap merupakan rekor baru dengan 1:42.142 yang diukir di lap 2. Ini menjadi rekor teranyar Umar.

"Alhamdulillah, bisa cetak rekor juga. Saya akan menyempurnakan lagi Estilo Biru, berharap bisa pertajam rekor menjadi 1:41 sekian, pada putaran 7 (4 Desember 2022) karena potensi untuk itu ada," terang Umar.

Namun rekor STCR 1 masih dipegang pembalap Luckas Dwinanda dengan 1:40 yang dicetak tahun lalu. 

Skuad Bank BJB Delta Garage Racing Team pada musim ISSOM 2022

Yang jelas, setelah kemenangan bersejarah kemarin, Umar sekaligus mengunci gelar juara umum kelas Free For All 3600cc STCR 1 dan juara umum Japan Production 2100cc STCR2. 

"Sebetulnya, masih ada kans juara FFA 2100cc STCR2 sekaligus mempertahankannya. Tapi saya telah putuskan tidak turun di kelas tersebut," pungkas Umar. (bs) 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo