mobilinanews

Ken Block, Penggagas Gymkhana Meninggal Dunia Kecelakaan Mobil Salju, Ingatkan Accident Michael Schumacher

Selasa, 03/01/2023 10:08 WIB
Ken Block, Penggagas Gymkhana Meninggal Dunia Kecelakaan Mobil Salju, Ingatkan Accident Michael Schumacher
Ken Block bersama jawara rally Indonesia Rifat Sungkar di sebuah event rally international beberapa tahun lalu. (foto : dok Rifato)

mobilinanews (Amerika) - Penggagas Gymkhana (semacam slalom) dan Brand Ambassador Audi, Ken Block meninggal dunia karena kecelakaan mobil salju, Senin (2/1/2023) kemarin. Ken Block meninggal dunia di usia 55 tahun.

"Dengan rasa duka mendalam, kami menyampaikan bahwa Ken Block telah meninggal dunia karena kecelakaan mobil salju. Ken adalah sosok yang visioner, ikon, serta pionir. Satu lagi, dia seorang ayah dan suami yang membanggakan. Dia akan selalu kami kenang," tulis akun resmi Instagram The Hoonigans.

Tidak disebutkan kronologi peristiwa yang mengakibatkan Ken Block (lahir 21 Nobember 1967) yang sangat dikenal kalangan motorsport Indonesia itu meregang nyawa.

Namun peristiwa kecelakaan di tengah salju tersebut mengingatkan kita pada peristiwa tragis yang dialami Michael Schumacher, pembalap legendaris F1 legendaris asal Jerman itu mengalami accident fatal pada arena ski salju di pegunungan Alpen.

Sekadar mengingatkan, tujuh tahun lalu Michael Schumacher mengalami kecelakaan fatal saat bermain ski di Pegunungan Alpen, Prancis, tepatnya 29 Desember 2013.

Kecelakaan yang mengubah hidup Schumi hingga kini. Saat itu, ia menderita cedera parah di bagian otak usai terjatuh dari puncak tebing Meribel.

Kembali ke laptop. Meski tidak fokus di kompetisi balap tertentu, nama Ken Block setara dengan pembalap profesional lainnya. Selama karirnya, pembalap Amerika Serikat itu sudah bekerja sama dengan Ford, Audi, dan Porsche.

Bersama Ford, Ken Block berhasil mengenalkan gaya mengemudikan mobil yang sangat unik dikenal dengan nama Gymkhana. Atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan slalom test.

Hingga kini Gymkhana sangat identik dengan Ken Block meski sudah berganti tangan dipegang  pembalap profesional lainnya Travis Pastrana.

Pelaku balap Indonesia yang dikenal cukup dekat dengan Ken Block adalah Rifat Sungkar. Pada beberapa tahun lalu, jawara rally Indonesia berkesempatan bertemu dengan Ken Block.

Oya, selepas Ford, Ken Block kemudian digandeng brand Audi untuk mengembangkan mobil balap listrik.

Pada 28 Oktober 2022 lalu, Ken Block sempat beraksi dengan mobil balap listrik Audi S1 Hoonitron di Las Vegas, Amerika Serikat.

Mobil balap listrik tersebut khusus dibuat Audi untuk mendukung aksi gila Ken Block di berbagai kesempatan.

Sayangnya, kolaborasi tidak berlanjut karena Ken Block meninggal dunia pada sebuah kecelakaan mobil salju kemarin.

RIP Ken Block. (bs)
 

    About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

    © 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
    frodo