mobilinanews

F1 2023: Di Bawah Pimpinan Fred Vasseur, Ferrari Siapkan Tes 3 Hari di Sirkuit Pribadi

Jum'at, 13/01/2023 00:12 WIB
F1 2023: Di Bawah Pimpinan Fred Vasseur, Ferrari Siapkan Tes 3 Hari di Sirkuit Pribadi
Ferrari songsong musim 2023 dengan tes khusus di Fiarano. (Foto: ferrari)

mobilinanews (Italia) - Fred Vasseur akan muncul kali pertama di sirkuit pada akhir Januari sebagai Team Principal Ferrari. Ia memimpin tes 3 hari The Prancing Horse melibatkan 4 pembalap.

Tes awal itu dihelat di Sirkuit Fiorano, trek milik Ferrari. Sesuai peraturan, mobil yang digunakan adalah SF-21 yang dibesut pada musim 2021. Empat pembalap akan terlibat.

Pembalap regular Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr masing-masing dapat jatah full sehari. Sedangkan dua test driver, Robert Shwarztman dan Antonio Giovinazzi masing-masing mengaspal setengah hari.

Menurut keterangan kubu Ferrari, tes ini selain menyegarkan kembali pembalapnya dengan aura F1 setelah libur panjang, juga dimaksudkan untuk mengembangkan paket aerodinamika pada sasis SF-21 sebagai persiapan ke winter test 2023. 

Tak ada komentar Vasseur soal tes ini. Sejak ditetapkan sebagai pengganti Mattia Binotto, eks Team Principal Sauber/Alfa Romeo itu memang pelit bicara.

Ia juga tak reaktif saat ada pihak yang menganggapnya enteng. Termasuk komentar miring pemimpin senior Red Bull Racing Helmut Marko.

"Kepergian Mattia justru melemahkan Ferrari di musim 2023. Kami melihat Mercedes lebih berbahaya tahun depan dibandingkan Ferrari," kata Marko.

Itu pernyataan yang jelas mengecilkan status Vasseur sebagai team principal. Seorang mantan direktur teknik Ferrari juga menganggap kapasitas Vasseur di bidang mesin belum sehebat Binotto, namun ia lebih berpengalaman memenej sebuah tim.

Tes tiga hari di akhir Januari nanti tentu belum akan menghasilkan hal-hal krusial untuk pengembangan mobil 2023.

Tapi, setidaknya akan terlihat bagaimana gaya kepemimpinan Vasseur mengelola tim di lapangan.

Syukur jika ia pun akan bahas pengembangan mobil tahun depan, satu hal yang sudah dinanti tifosi Ferrari. (rnp)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo