mobilinanews

F1 2023: Berita Buruk Buat Ferrari, Leclerc Dipastikan Kena Grid Penalty di GP Arab Saudi

Rabu, 15/03/2023 23:19 WIB
F1 2023: Berita Buruk Buat Ferrari, Leclerc Dipastikan Kena Grid Penalty di GP Arab Saudi
Charles Leclerc (Ferrari) saat gagal finish di GP Bahrain. (Foto: xpb-therace)

mobilinanews (Italia) - Ferrari, khususnya Charles Leclerc, harus banyak bersabar di awal musim 2023. Pulang tanpa poin di GP Bahrain, persoalan serius menantinya di GP Arab Saudi, 17-19 Maret 2023.

Dayavtahan atau reliability mobil jadi salah satu poin yang menggagalkan Leclerc mengalahkan Max Verstappen (Red Bull) dalam perburuan gelar 2022. Itu sebabnya Ferrari beri perhatian khusus di area tersebut dalam persiapan ke kompetisi 2023.

Sialnya, masalah sama menghajar di GP Bahrain. Mobil Leclerc tiba-tiba kehilangan tenaga saat berada di belakang Verstappen. DNF.

Kemudian diketahui kalau masalah teknisnya ada pada perangkat Electronic Control Unit (ECU) yang bisa diibaratkan sebagai otak pada mobil. Ini masalah serius karena sehari sebelumnya Leclerc sudah mengganti komponen ECU seusai sesi kualifikasi.

Artinya, pembalap Monaco itu sudah menggunakan dua unit ECU hanya dalam satu race weekend di Bahrain. Sesuai regulasi, semua pembalap hanya boleh gunakan 2 unit ECU sepanjang musim dalam 23 race.

Menuju GP Arab Saudi pekan ini, pemimpin baru Ferrari Fred Vasseur memutuskan mengganti ECU di mobil Leclerc. Konsekuensinya adalah grid penalty atau mundur posisi start dari hasil kuaifikasi. Setidaknya 10 posisi. Bahkan bisa mundur hingga posisi start belakang jika tak hanya ECU yang diganti.

"Tim sudah lakukan kajian mendalam pada area ini dan berharap semuanya terkendali. Sayangnya, kami harus ambil penalty di Jeddah," kata Vasseur dikutip dsri the-race.

Mantan bos Alfa Romeo yang akhir tahun lalu menggantikan Mattia Binotto sebagai Team Principal Ferrari sangat memaklumi kekecewaan Leclerc. Namun ia memuji pembalap yang dulu bersama di tim Sauber itu sebagai profesional dan tetap termotivasi.

"Ia ikut menguji ban pada Selasa di Bahrain dan esoknya bersama kami di Maranello. Kami bicara kepada para teknisi dan Charles menyemangati mereka dengan cara positif."

"Tentu saja penalti bukan berita bagus, tapi ini bukanlah akhir kompetisi. Mari dinanti apa yang bisa diraih di Jeddah," paparnya.(rn)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo