mobilinanews

Fahmi Basam Meteor Baru Balap Motor Indonesia, Bos Putra : Kalau Juara Novice Oneprix, Saya Kasih Hadiah Main Full Series ARRC!

Jum'at, 24/03/2023 10:08 WIB
Fahmi Basam Meteor Baru Balap Motor Indonesia, Bos Putra : Kalau Juara Novice Oneprix, Saya Kasih Hadiah Main Full Series ARRC!
Senyum tipis Fahmi Basam saat melangkah menuju podium juara kelas OP2 Novice Oneprix 2023 rd 1 di Sentul International Karting Circuit Bogor, 18-19 Maret lalu. (foto : ist)

mobilinanews (Bogor) - Tak pelak, Fahmi Basam (18 tahun) menjadi salah satu maskot pada gelaran pembuka Kejurnas Balap Motor Oneprix 2023 di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, 18-19 Maret kemarin.

Sebagai pembalap debutan di ajang balap motor underbone kasta tertinggi di Tanah Air, Fahmi Basam langsung menunjukkan jati dirinya sebagai pembalap sangat potensial. 

Fahmi Basam rider H Putra 969 Racing Team, memang hanya urutan 8 sesi QTT kelas OP2 (Novice) pada Sabtu (18/3/2023). Namun, seperti diprediksi banyak orang, dia tampil menusuk tajam seperti style-nya selama ini, hingga akhirnya bisa finish ke-2. P1 ditempati Chandra Hermawan, rider tim Yamaha Aditama Berau Kalimantan Barat. 

Race 2 pada Minggu (19/3/2023) posisi start sama dengan Race 1 dari hasil QTT. Pembalap kelahiran Polewali Mandar, Sulawesi Barat, 22 Mei 2014 ini kembali mempertontonkan kegesitannya menggeber Yamaha MX King racikan om Hadawis, dan finish sebagai runner up dari total 26 pembalap di kelas Novice ini. 

Namun seperti pepatah menyebutkan malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, menimpa M Jordan Badaru sebagai rider juara 1 Novice Race 2, yang mendapat sanksi diskualifikasi akibat klep motornya masih menggunakan bahan titanium yang memang dibolehkan musim lalu. Tapi dilarang musim ini. Otomatis Fahmi sebagai juara 2 naik menjadi juara 1. 

Dengan capaian P2 (20 poin) dan P1 (25 poin), maka Fahmi Basam langsung didapuk sebagai pimpinan klasemen sementara kelas OP2 Novice dengan total 45 poin. 

Siapa sebenarnya Fahmi Basam? Pada 4-5 Oktober 2021, secara mengejutkan Fahmi yang masih 16 tahun berhasil sumbangkan 2 medali pada PON XX 2021 di Papua. Satu medali emas dari kelas Standar Perorangan, satu medali perunggu dari kelas Stardar Beregu untuk kontingen Papua. 

Saat itu, namanya langsung menjadi pembicaraan komunitas balap motor nasional. "Fahmi Basam pembalap dengan talenta luar biasa. Selain itu, badannya yang ramping menjadi faktor pendukung," sebut Eddy Saputra, Technical Delegate Cabor Bermotor PON XX Papua yang mantan pembalap MotorSport.

Firdaus Basam, sang ayah hanya berpesan agar Fahmi tetap rendah hati, tidak sombong. "Serta yang terpenting sopan dan saling menghargai nak. Insyaallah...," pinta Fidaus Basam.   

Lalu, bagaimana akhirnya Fahmi Basam bisa mendarat dan direkrut tim elite H Putra 969 Racing Team untuk Oneprix musim ini?

"Kalau Fahmi Basam, memang spesial (pakai telor ya bos Putra?). Itu waktu kita coba dia pertama kali di final Sumatra Cup Prix (SCP), sirkuit Zabaq Tanjung Jabung Timur Jambi, 10-11 Desember 2022. Dia secara mengejutkan berhasil menyapu gelar juara kelas SP5 (Bebek 4T 150cc  Pemula Novice. Meski saya juga tahu, dia juara Motoprix Region Sulawesi kelas Expert," ungkap Bos Putra, sapaan H Putra Rizky kepada mobilinanews.  

"Di situ kita lihat, Fahmi Basam punya potensi. Di Jambi itu pula, akhirnya kita putuskan merekrut dia. Selain karena potensi dan prestasinya, kita pakai dia salah satunya karena Jordan (Badaru) memilih CLBK ke Ziear di kelas Novice Oneprix," lanjut bos Putra.

"Iya, kita bersyukur atas atas hasil di round 1 Oneprix Sentul kemarin. Semoga dia nggak cepet puas dan terus berbenah diri, supaya lebih baik lagi. Atas capaian P1 dan P2 di Oneprix, makanya dia saya kasih bonus berangkat nonton ARRC seri 1 di Buriram Thailand akhir pekan ini," imbuh bos Putra. 

Menurut bos Putra, tujuan diberangkatkan ke ARRC Bubiram Thailand agar Fahmi terpacu motivasinya di event level yang lebih tinggi. "Karena kalau tahun ini bisa juara Nasional Kelas Novice Oneprix, saya akan kasih dia hadiah main full series ARRC the next session," pungkas bos Putra. 

Wuih, ayo gaspol lagi Fahmi Basam. (budi santen) 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo