mobilinanews

F1 2023 Spanyol: Meski Ferrari Dibekali Sidepod Baru, Leclerc dan Sainz Tak Yakin Ada Keajaiban

Jum'at, 02/06/2023 01:08 WIB
F1 2023 Spanyol: Meski Ferrari Dibekali Sidepod Baru, Leclerc dan Sainz Tak Yakin Ada Keajaiban
Sidepod unik SF23 macam bathtub yang berubah konsep ke GP Spanyol akhir pekan ini. (Foto: f1)

mobilinanews (Spanyol) - Seperti Mercedes, tim Ferrari juga terus berbenah mengembangkan SF23 untuk bisa mendekati kecepatan tim Red Bull Racing. Ke GP Spanyol pada 2-4 Juni ini kedua pembalapnya, Charles Leclerc dan Carlos Sainz, dibekali sidepod baru.

Tak seradikal Mercedes, Ferrari cenderung mencicil pengembangan mobil dengan beragam komponen. Ke Barcelona mereka bawa sidepod baru dengan konsep berbeda.

Meninggalkan pola lama yang disebut menyerupai bak mandi. Menggantinya dengan model baru yang lebih menyerupai sidepod mobil RB19 besutan tim Red Bull.

Ya, cuma mirip sehingga konsep baru itu tak masuk katagori menjiplak milik RB19.

Leclerc dan Sainz akan menguji barang baru itu pada sesi FP1 GP Spanyol di Sirkuit Barcelona pada Jumat (2/6) pagi waktu lokal.

Sidepod di sisi kanan dan kiri SF23 itu belum terlihat gambarnya saat masuk garasi Ferrari pada Kamis (1/6). Yang jelas, pergantian itu bertujuan untuk meningkatkan kinerja aerodinamika mobil untuk mengatasi kesulitan Ferrari selama ini.

Sejauh ini SF23 terbilang bagus di sesi kualifikasi, pertarungan satu lap dengan ban baru. Tapi, begitu masuk balapan sesungguhnya, performa ban mereka terlalu cepat terdegradasi dibandingkan tim lain. Bikin kedua pembalap tak percaya diri untuk membejek gas ke batas maksimal.

Bukan soal menejemen ban, tapi diduga karena efek downforce yang tak sebagus mobil rival. Sektor ini yang coba ditanggulangi dengan sidepod anyar itu.

"Kami mengembangkan mobil dan akan terus kami lakukan dalam race ke depan. Seberapa baik hasilnya hanya waktu yang menentukan," komentar Sainz yang musim ini belum mebcicipi podium.

Ia pun berharap perubahan ini akan membuat SF23 lebih mudah dikendarai, konsisten dan menghadirkan kepercayaan diri driver di kokpitnya.

Hal sama diapungkan Leclerc yang sudah sekali merasakan podium kekuaraan 2023. Menurutnya  tim sudah mengetahui kesulitan pembalap selama ini. Perubahan konsep sidepod adalah salah satu solusi  yang diyakini sebagai arah yang benar.

"Tapi, sejujurnya, kami tak berharap ada keajaiban besar " katanya.

"Mudah-mudahan itu akan membantu kami memperbaiki performa pada raceday."

Mulai seri Spanyol, kata Leclerc, Ferrari akan terus membawa perubahan-perubahan kecil dari satu race ke race berikutnya untuk setidaknya bisa lebih ketat beri perlawanan ke skuad Red Bull. (rn)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo