mobilinanews

Bentrok Dengan Rally dan Gokart, Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023 Seri 2 "Mengalah" Mundurkan Jadwal

Kamis, 08/06/2023 00:08 WIB
Bentrok Dengan Rally dan Gokart, Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023 Seri 2 "Mengalah" Mundurkan Jadwal
Lola Moenek, Deputy Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat dan Direktur Niaga PT Sarana Sirkuitindo Utama selaku pengelola sirkuit Sentul International. (foto : budsan)

mobilinanews (Bogor) - Resmi! Bahwa Kejurnas balap mobil ISSOM 2023 seri 2 yang sedianya digelar 23-25 Juni, dimundurkan menjadi 1-2 Juli 2023.

Hal itu disampaikan Lola Moenek mewakili Management Sirkuit Sentul dan ABM Enterprise selaku penyelenggara Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023 sekaligus Deputy Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat.

"Kepada rekan-rekan promotor, pembalap dan komunitas balap mobil ISSOM, kami selaku management Sentul Sirkuit dan ABM, memutuskan memundurkan seri 2 ISSOM yang semula 24-25 Juni, menjadi 1-2 Juli, atau mundur seminggu," ujar Lola Moenek selaku Direktur Niaga PT Sarana Sirkuitindo Utama pengelola Sentul International Circuit.

Keputusan diambil salah satunya karena waktunya bentrok dengan Kejurnas Rally 2023 seri 1 KFC Danau Toba Rally di Sumatra Utara dan Asia Eshark Rok Cup 2023 di Sentul International Karting Circuit.

Menurut Lola Moenek, keputusan diambil setelah melakukan komunikasi dengan para promotor, pembalap, sponsor dan IMI Pusat.

Juga banyak irisan jika dipaksakan pada schedule yang ada. Tidak hanya beberapa pembalap ISSOM juga perally, namun termasuk para mekaniknya.

Sedangkan untuk gokart, karena Kejurnas Eshark Rok Cup 2023 round 4 itu juga sekaligus merupakan seri Asia Rok Cup 2023.

Sikap mengalah pihak Sirkuit Sentul ini banyak mendapat apresiasi. Mengingat jadwal ISSOM sudah disetor paling awal ke IMI Pusat. Sedangkan KFC Danau Toba Rally baru fix jalan pekan lalu setelah kepastian sponsor.

"Kami sebagai IMI Pusat bidang olahraga mobil, lebih memikirkan kepentingan yang lebih besar dan demi kemajuan motorsport di Indonesia. Itu yang menjadi alasan utama sebenarnya," ungkap Lola Monek.

Disebutkan, untuk gokart yang juga akan digelar 23-25 Juni tersebut juga merupakan kejuaraan Asia. Sedangkan untuk Rally, disebutkan oleh Lola Moenek, adalah olahraga motorsport yang tengah berkembang pesat namun tidak mudah mendapatkan sponsor maupun venuenya.

"Sedangkan untuk Rally, perlu kita apresiasi, karena akhirnya dipastikan telah mendapatkan sponsor. Rally itu sempat 3 kali mundur jadwalnya, sebelum mendapatkan sponsor (KFC Indonesia). Dan tingkat kesulitan menggelar Kejurnas Rally lebih tinggi, selain perlu adanya sponsor, juga venue memadai serta petugas perlombaan yang mumpuni," terang Lola Moenek.

Bagaimana tanggapan pembalap?

M Ferrel Fadhil, pembalap LFN Sederhana Motorsport yang turun di kelas ITCR 1500 dan Honda City Harchback Speed Challenge sebenarnya termasuk yang kurang setuju.

"Saya termasuk yang kurang setuju jadwal seri 2 Kejurnas Balap Mobil ISSOM dimundurkan. Karena dengan begitu, jadwal ke seri 3 menjadi lebih pendek," ungkap Ferrel.

Alvin Bahar, promotor sekaligus pembalap Honda Racing Indonesia hanya tersenyum saat diminta tanggapan terkait pemunduran jadwal ISSOM.

"Demi kebaikan semua pihak, saya terpaksa ikut setuju (dimundurkan). Yang jelas, dengan tenggat  hanya 3 minggu ke seri 3 ISSOM, pembalap dituntut pintar mengatur waktu," ungkap Alvin saat ditemui di sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat belum lama ini.

Lola Moenek mengajak seluruh pembalap, tim, promotor tetap semangat untuk menyongsong balapan seri 2 ISSOM 2023.

Lola Moenek telah menyampaikan secara tertulis terkait pengunduran seri 2 ISSOM 2023 ini kepada ABM Enterprise, para Promotor, WKU Olahraga Mobil IMI Pusat, Direktur On Road Olahraga Mobil IMI pusat serta Ketua Komisi Balap Mobil IMI Pusat. (budsan)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo