mobilinanews

GR Corolla, Skuad Terbaru Toyota Gazoo Racing Yang Menjadi Primadona di GIIAS 2023

Jum'at, 11/08/2023 17:08 WIB
GR Corolla, Skuad Terbaru Toyota Gazoo Racing Yang Menjadi Primadona di GIIAS 2023
GR Corolla merupakan unit terbaru Divisi Gazoo Racing menjadi primadona booth Toyota di GIIAS 2023. (foto : hilary)

mobilinanews (BSD City) - Seperti di pameran otomotif sebelumnya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) selalu menampilkan divisi Toyota Gazoo Racing (GR), yang menjadi pembeda dengan divisi lainnya, khusus menampilkan mobil-mobil dengan DNA balap.

Demikian juga pada pameran otomotif GIIAS 2023, di ICE BSD City, Tangerang kali ini, kehadiran GR Corolla untuk pertama di Indonesia langsung menyita perhatian pengunjung, khususnya penggemar GR dan racing.

Memboyong tema “Untamed Energy”, kehadiran GR Corolla melengkapi jajaran Sport GR sebelumnya yakni GR Supra, GR Yaris, dan GR86.

Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang berhasil mendatangkan seluruh model Pure Sport GR.

“Semangat dari GR adalah keyakinan kuat bahwa motorsport bukan hanya tentang persaingan di sirkuit balap, tetapi bagaimana menghadirkan ever-better motorsports-bred car yang otentik dan energik untuk mobilitas sehari-hari,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Anton menambahkan, kehadiran GR Corolla juga membuktikan GR (Gazoo Racing) telah diterima dengan baik dan begitu diminati para pecinta otomotif di Indonesia, utamanya penggemar mobil balap Toyota.

GR Corolla memboyong mesin turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris.

Unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini menghasilkan tenaga maksimum 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm, melebihi GR Yaris yang memproduksi tenaga 261 PS dan torsi 360 Nm.

Diciptakan sebagai all-rounder dengan kinerja sistem GR-FOUR 4WD, GR Corolla menggunakan electronic multi-plate clutch, memberikan pembagian penggerak roda depan dan belakang dengan tiga pilihan rasio (roda depan), yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70.

Teknologi Torsen Slip Differential pada setiap poros roda dapat meningkatkan pengendalian, traksi ban, dan mengoptimalkan distribusi torsi ke roda kiri dan kanan sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.

Transmisi manual 6-kecepatan iMT (Intelligent Manual Transmission) dengan short-shifter pintar juga menyajikan perpindahan gigi yang halus dan responsif sesuai putaran mesin.

GR Corolla memiliki dimensi 4.407x1.851x1.479 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.640 mm.

Jika disandingkan dengan GR Yaris dengan dimensi 3.995x1.805x1.460 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.558 mm, GR Corolla tampak jauh lebih besar untuk meningkatkan fungsionalitas, memperluas ruang kabin, dan menjaga kenyamanan penumpang.

Namun belum ada informasi kapan Toyota Astra Motor akan menjual GR Corolla di Indonesia.

Namun yang pasti jika nanti masuk, harganya akan di atas GR Yaris.

"Estimasi harga rasanya akan di atas GR Yaris. Saat GR Yaris masuk beberapa waktu lalu, dijual di nominal Rp 800-an juta," terang Anton. (hilary)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo