mobilinanews

Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri 4 Siap Digelar di Kawasan GBLA Bandung, H Putra Rizky Puncaki Klasemen

Kamis, 31/08/2023 02:08 WIB
Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri 4 Siap Digelar di Kawasan GBLA Bandung, H Putra Rizky Puncaki Klasemen
Selebrasi H Putra Rizky dan M Redwan dari LFN Sedehana Motorsport saat juara seri 1 Kejurnas Sprint Rally 2023 di Jalak Harupat

mobilinanews (Bandung) - Kurang dari 2 pekan gelaran akbar Kejurnas Sprint Rally seri 4 bertajuk INTERAUTO BANDUNG SPRINT RALLY, 8-10 September 2023 depan dihelat.

Event yang digelar promotor Pangarang Racing Team Indonesia, disupport IMI Jawa Barat serta Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung, telah tuntas melakukan persiapan event ini di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gede Bage Kota Bandung.

Disampaikan Fredi Rostiawan sebagai promotor Pangarang Racing Team Indonesia sekaligus Kabid Olah Raga Mobil IMI Jawa Barat, seluruh pihak terkait telah bekerja keras demi sukses event Kejurnas Sprint Rally perdana di tengah kota Bandung ini.

"Penyelenggaraan akhirnya di kawasan Stadion GBLA, Gede Bage Bandung, dengan sekitar 80 persen lintasan beton dan 20 persen aspal, total sepanjang 4 kilometer," ungkap Fredi Rostiawan kepada mobilinanews.

Ini berbeda dengan event Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 1 di kawasan stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Februari lalu dengan dominasi lintasan tarmac (aspal).

Event direncanakan berlangsung 4 SS (Special Stage) dalam dua hari ini, telah mendapatkan restu dari warga sekitar sebagai salah satu syarat diterbitkannya izin keramaian

Menyusul telah direstui oleh warga sekitar kawasan yang merupakan salah satu syarat diterbitkannya izin kegiatan, Fredi Rostiawan memaparkan kesiapan dari penyelenggara telah dimulai sejak pertama kali dicetuskan akan digelar di jalan protokol tengah Kota Bandung.

"Faktor koordinasi yang sangat sulit karena harus menutup sebagian ruas jalan utama, menjadikan Pangarang Racing Team Indonesia mengalihkan venue ke kawasan Stadion GBLA Kota Bandung yang mudah dicapai dari Exit GT Gede Bage," terang Fredi.

Sementara itu, Eddy Marwoto selaku Kadispora Kota Bandung menyampaikan, pasca inspeksi lintasan Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 4 di Kota Bandung hal sangat positif.

Apalagi dilangsungkan bersamaan dengan peringatan HUT Kota Bandung tahun ini.

"Tentunya akan membawa manfaat dan dampak positif bagi kawasan Stadion GBLA, promosi Kota
Bandung sekaligus dalam rangka HUT Kota Bandung, HUT Polisi Lalu-Lintas, bagi warga sekitar kawasan serta stakeholder yang lain," ungkap Eddy Marwoto.

"Kami siap menyambut gelaran ini. Dari sisi safety dan teknis kawasan Stadion GBLA tentu sudah layak dan biasa mendukung beberapa kegiatan olah raga mobil sebelumnya," lanjut Eddy Marwoto.

Dalam survei lintasan tampak telah dirancang alur lintasan special stage-nya dengan satu kali loop menjelang flying finish.

Karakter lintasan gabungan sebagian besar beton dan sedikit aspal dengan handicap trek pendek-pendek, serta sempit dibutuhkan skill perally.Lengah sedikit, bisa fatal akibatnya.

Saat melibas Special Stage, harus mahir dalam bejek gas di beberapa bagian lintasan yang sempit.

"Nuansa Super SS lebih terasa di Stadion GBLA ini. Tepatnya di areal perparkirannya. Dan, begitulah serunya, selalu memiliki handicap berbeda untuk perally di setiap round," tangkas Fredi.

Ditambahkan Fredi, penyelenggara  menyiapkan beberapa penghargaan untuk para juara, di antaranya Piala Pangdam III Siliwangi, Piala Kapolda Jawa Barat serta Piala Walikota Bandung.

Event bakal menjadi sejarah kali pertama Kejurnas Sprint Rally digelar di tengah Kota Bandung. "Saya berharap segala sesuatu lancar tergelar dan bisa diikuti seluruh perally terbaik Tanah Air yang ada," harap Fredi.

Sementara itu Anthony Sarwono merupakan Direktur On Road Olahraga Mobil IMI Pusat dan juga co-driver senior,  juga berkomentar positif terhadap pemilihan kawasan Stadion GBLA untuk seri 4 Kejurnas Sprint Rally.

"Lokasinya mudah diakses, ke mana-mana pun dekat. Memang kawasan padat tapi untuk
mencapainya, seluruh peserta dan team crew bisa langsung dari Gerbang Tol Gede Bage," ucap navigator H Rihans Variza ini.

"Terkait treknya, ini rada lain ama yang biasanya. Cenderung pendek-pendek, banyak tikungan, dengsn sebagian lintasan sempit. Skill, kesiapan mobil dan selalu tetap waspada. Lengah dikit, bisa berakibat fatal," pungkas navigator yang baru saja mengantar H Rihans Variza, juara South Borneo Rally 2023. 

Sebagai informasi, untuk klasemen perally, H Putra Rizky/M Redwan memimpin di urutan pertama, H Rihans Variza/Anthony Sarwono kedua serta Ryan Nirwan/Adi Indiarto di posisi ketiga. (budsan)


 

berita TERKAIT
    Tidak ada berita terkait
About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo