mobilinanews

Kejurnas Sprint Rally 2023 Malang : HRVRT Siapkan H Rihans dan TB Adhi, Tandingi Kolaborasi H Putra dan Uda Ame

Selasa, 10/10/2023 15:58 WIB
Kejurnas Sprint Rally 2023 Malang : HRVRT Siapkan H Rihans dan TB Adhi, Tandingi Kolaborasi H Putra dan Uda Ame
Searah jarum jam, dari kiri atas : Skoda Fabia andalan H Putra Rizky, Ford Fiesta Rally2 senjata H Rihans, GR Yaris AP4 Ryan Nirwan dan Peugeot produksi Peugeot Sport tunggangan baru Yoseph Suryanto. (foto : kolase)

mobilinanews (Malang) - Gokil sih ini. Perebutan juara nasional kelas M1 (kelas paling tinggi), bakal berlangsung sangat ketat dan penuh intrik pada seri 5 Kejurnas Sprint Rally 2023 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu - Minggu (14-15/10/2023) akhir pekan ini.

Meski H Rihans Variza (HRVRT) dengan co-driver Anthony Sarwono memimpin usai seri 4 di GBLA Gedebage Bandung dengan 47 poin, tapi margin dengan H Putra Rizki (LFN Sederhana Motorsport) 8 poin dengan koleksi 39 di posisi 2 dianggap masih belum aman.

Lalu, strategi apa yang diterapkan pembalap serbabisa dan pengusaha muda asal Binuang, Kalimantan Selatan ini?

Mendatangkan mobil baru : Hyundai i20 N Rally2 versi terbaru!. Dan kabarnya, Selasa (10/10/2023) pagi hari ini sudah sampai di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, dan siap langsung diboyong ke Malang.

Lalu, bagaimana dengan Ford Fiesta Rally 2 yang mengantarnya menjadi juara Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 3 lalu - juga di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang?

"Skenarionya, H Rihans akan menggunakan Hyundai karena dianggap mobil tercepat di ajang rally saat ini, sedang Ford dipercayakan kepada TB Adhi. Namun tergantung hasil (best time) latihan sih. Kalau lebih kenceng Hyundai, ya bakal lanjut (pakai Hyundai). Demikian pula sebaliknya kalau Ford yang lebih kencang," ujar seorang nara sumber kepada mobilinanews.

Seperti saat menghadapi event balap lainnya, yang selalu serius melakukan persiapan, H Rihans Variza pun telah melakukan latihan di Puslatker TNI AL Bedali pada Senin (9/10/2023) kemarin. H Rihans didampingi co-driver Anthony Sarwono latihan menggunakan Ford Fiesta Rally 2.

Oya, H Rihans dan perally HRVRT lainnya memiliki privillege boleh melakukan latihan di luar jadwal resmi, karena sebagai salah satu sponsor event Sprint Rally gelaran Bintang Automotive itu.

Nah, penugasan TB Adhi yang lebih dikenal sebagai offroader ini kabarnya untuk menandingi taktik H Putra Rizki yang "berkolaborasi" dengan H Rahmat teammatenya di LFN Sederhana Motorsport sekaligus kakak kandung H Putra.

"Iya, saya akan berusaha membantu Putra di ajang Kejurnas Sprint Rally 2023, dengan sebisa mungkin saya berada di posisi atas," ungkap uda Ame, sapaan akrab H Rahmat di GBLA Gedebage Bandung lalu. Targetnya jelas, mengamankan posisi H Putra.

Uda Ame yang mengandalkan Hyundai i20 Rally 2 memang tidak berburu gelar di Kejurnas Sprint Rally 2023. Namun tidak demikian di Kejurnas Speed Rally, di mana saat ini Ame/Hade Mboi memuncaki klasemen. Target impian mereka : H Putra juara nasional Sprint Rally, uda Ame juara nasional Rally 2023.

Awalnya, strategi itu cocok dan efektif ketika H Putra berada di posisi puncak klasemen pasca seri 3. Namun dengan H Putra DNF (Did Not Finish) di seri 4 Bandung, karena Skoda Fabia mengalami trouble, kini strategi itu ganti dipakai H Rihans. Tapi, juga, masih relevan untuk H Putra dan uda Ame.

H Putra sendiri baru akan latihan Rabu (11/10/2023) besok menggunakan Skoda Fabia yang sudah fit lagi. Berpasangan dengan co-driver M Redwan, H Putra juga sebagai salah satu sponsor event. So, bisa melakukan latihan di luar jadwal resmi.

Update lainnya datang dari Ryan Nirwan/Adi Indiarto skuad Toyota Gazoo Racing Indonesia. Kabarnya, Toyota GR Yaris AP4 ganti mesin baru yang lebih fresh jelang seri 5 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang Malang ini.

Ini effort maksimal Ryan, sang juara kejurnas Sprint Rally 2023 seri 4 di Bandung dan juara nasional Sprint Rally 2022, mengingat karakter mobilnya kurang kompetitif di lintasan gravel dengan banyak straight (lurus panjang). Buktinya, 2 seri Kejurnas Sprint Rally 2023 di Malang, prestasi Ryan kurang bersinar.

Hal baru lainnya, kehadiran Peugeot 208 - LHD Rally 4 anyar punya Yoseph Suryanto yang akan turun di kelas F3.

Peugeot produksi Peugeot Sport Prancis yang kabarnya dengan banderol sekitar Rp 1,3 miliar ini telah mendaftar sebagai peserta atas nama Team AHSRT. 

"Udah registrasi dan mobil juga udah berangkat ke Malang. Mudah-mudahan semua on schedule," ujar Otep - sapaan akrab Yoseph Suryanto - kepada moblinanews. 

Sebelum ke Malang, Peugeot mampir ke bengkel Garden Speed Motorsport di bilangan Cilandak Jakarta Selatan, untuk setting suspensi. 

Oya, terkait penyiapan Hyundai i20 dan Ford Fiesta Rally 2 untuk H Rihans dan TB Adi, Anthony Sarwono sang co-driver malah balik bertanya.

"Waaah, udah dapat info dari mana nih? Kalau bisa, jangan ditulis dulu sob, soalnya semua masih belum fix," pesan Wono, sapaan Anthony Sarwono. 

Iya, namanya juga masih rencana, dan kabarnya kan?

"Ha ha ha...," Wono tertawa. (budsan)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo