mobilinanews

Vakum Balap Mobil ISSOM 2024, Naufal Rafif Busro : "Mau Hadapi Ujian Akhir SMA dan Sesekali Ikut Drifting .."

Kamis, 28/12/2023 15:08 WIB
Vakum Balap Mobil ISSOM 2024, Naufal Rafif Busro : "Mau Hadapi Ujian Akhir SMA dan Sesekali Ikut Drifting .."
Naufal Rafif Busro, saat pecah telor meraih trofi juara satu kelas Pro 1 Indonesia Drift Prix Championship 2023 rd 1 di Edutown Arena BSD City Tangerang, 30/9/2023

mobilinanews (Jakarta) - Seperti yang disampaikan Abraham Busro, ayahanda pembalap Naufal Rafif Busro bahwa putra bungsunya itu selain akan lebih berkonsentrasi menyiapkan diri menghadapi ujian akhir di SMA Lab School Cirendeu, Pondok Cabe, juga sesekali bermain drifting.

Ketika hal tersebut dikonfirmasi kepada Naufal Rafif Busro, 16 tahun, memang membenarkan. "Iya, om. Libur dulu balap mobil. Tapi drifting masih jalan, kok. Sesekali ikut drifting," ungkap Naufal kepada mobilinanews.

Dan, pada akhir pekan ini, Sabtu - Minggu (30-31/12/2023), Naufal bakal turun berlaga di ajang Indonesia Drift Prix Championship 2023 round 2 dan 3 di Sentul Otopark, Bogor, Jawa Barat.

Naufal bakal turun dengan status pemuncak klasemen kelas Pro 1 Category. Urutan kedua ditempati Umbu Gilberth (Alpha Rules) dan ketiga Billy Anjewa (GT Radial Racing Team).

Pada kelas paling bergengsi dua round terakhir tersebut, Naufal pemegang trofi juara nasional drift 2023 Pro Class harus berjuang keras karena diikuti 15 drifter papan atas termasuk Adwitya Amandio, Akbar Rais hingga Denny Ferdito. 

 Aksi Naufal (mobil pink) di ajang Indonesia Drift Prix Championship 2023 rd 1 di Edutown Arena BSD City

Apa strategi yang akan dilakukan Naufal?

"Gasss aja pokoknya, om, hehe," kata Naufal dengan bendera NRB Motorsport, yang akan mengandalkan Nissan Silvia S15 dengan livery dominasi kelir pink dengan nomor start 6.

Alasan begitu getol dengan drifting? 

"Interest aja sih. Dan, saya ingin pencapaian lebih (di drifting)," ungkap Naufal yang tahun lalu telah meraih juara nasional Drifting.

Meski menyandang juara nasional, namun Naufal merasa kurang puas dan membuatnya makin penasaran. Pasalnya, dia menjadi juara nasional tanpa sekali pun naik podium sebagai juara 1. Secara konsisten, Naufal selalu merebut posisi kedua.

Namun kemudian Naufal memecahkan telor menjadi juara 1 pada Indonesia Drift Prix Championship 2023 rd 1 di Edutown Arena BSD City, Tangerang, Sabtu (30/9/2023).  

Naufal Rafif Busro, pembalap belia multi talent

"Seneng banget rasanya, akhirnya bisa P1 juga, setelah sepanjang tahun 2022 selalu P2 hehe," ujar Naufal saat itu. 

Pencapaian lebih tersebut, lanjut Naufal, juga ingin diwujudkan dengan mengikuti event drifting di luar negeri. 

"Mau ikut event internasional, Insyaallah," tambah Naufal. 

Kemarin bro Naufal sempat mengatakan tertarik balap mobil TCR? 

"Kemaren-kemarin tertarik sih, om. Tapi kalau sekarang kayaknya lebih tertarik drifting," kata putra bungsu pengusaha dan mantan pembalap mobil Abraham Busro dan Aida Karmina.

Terkait keinginan fokus ke ajang drifting ini juga pernah disampaikan kepada Alvin Bahar pembalap senior sekaligus Direktur Honda Racing Indonesia.

Ingin mendalami drifting hingga level international

"Seingat saya, pada akhir 2022, Naufal pernah menyampaikan ke saya, bahwa dia ingin fokus mendalami drifting. Lalu, saya berusaha mempertahankan dengan memberikan masukan argumentatif. Naufal akhirnya bertahan tetap balap mobil," ungkap Alvin Bahar. 

Naufal Rafif Busro adalah salah satu pembalap talented yang lahir dari ajang balap mobil. Pertama ikut balap di usia 13 tahun, menggunakan mobil balap (BMW) milik sang ayah. 

"Saat pertama membawa mobil, sempat membuat panik karena Naufal gak bisa belok. Saat awal-awal belajar balap, Naufal dilatih para pembalap senior. Alhamdulillah, progressnya cepet. Di tahun berikutnya, langsung bisa menyabet juara nasional ITCR 1200," terang Abraham Busro. 

Pada akhir 2021, Naufal direkrut Honda Racing Indonesia, untuk berkiprah di ajang balap mobil ISSOM kelas ITCR 1200 mengandalkan Honda Brio pada musim balap 2022.

Naufal kembali juara nasional tahun 2022, dan dipertahankannya pada musim balap 2023 tahun ini bersama Honda Racing Indonesia. (bs)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo