mobilinanews

ISSOM 2024 : Rava Mahpud Rebut 3 Trofi Setelah Sempat Kena Penalti, Mobil nyender Tembok Hingga Rusak Girboks

Selasa, 05/03/2024 02:08 WIB
ISSOM 2024 : Rava Mahpud Rebut 3 Trofi Setelah Sempat Kena Penalti, Mobil nyender Tembok Hingga Rusak Girboks
Rava Mahpud (kanan), di podium 1500 Overall Eshark Dapur Cokelat Touring Championship kejurnas balap mobil ISSOM rd 1 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (3/3/2024)

mobilinanews (Bogor) - Perlahan tapi pasti, Rava Mahpud mulai kelihatan talentanya di ajang balap mobil. Pada seri 1 Kejurnas Balap Mobil ISSOM di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (3/3/2024), Rava sukses mendulang 3 trofi sekaligus.

Padahal, sejak sesi latihan resmi, mahasiswa semester 2 Universitas Prasetya Mulya BSD City Tangerang ini, sempat tertatih-tatih hingga terkena penalti harus start paling belakang.

Rava Mahpud di podium juara satu Kejurda Jawa Barat

"Ini kan ada regulasi baru soal ban, dibolehkan menggunakan 2 merek ban ber-SNI, dengan harga terjangkau dan dijamin ketersediaannya karena pembelian dipusatkan di penyelenggara. Nah, pergantian ban ini, yang membuat Rava masih canggung dan kikuk," ujar Eris Mahpud, ayahanda Rava.

Sebelumnya menggunakan Yohokama Advan Neova yang notabene ban impor dengan kualitas dan pemakaian yang oke, diganti dengan Hankook. 

Efeknya jadi ke mana-mana terkait ban ini, meski bisa dimaklumi Rava memang masih relatif baru di ajang balap mobil dibanding saat di gokart yang telah masuk kualifikasi piawai.

Rava Mahpud, alami banyak drama

Apesnya lagi, mobilnya juga sempat kedorong ke tembok pembatas lintasan saat terjadi racing incident. Bahkan di kelas ITCR 1500, girboks mobil rusak hingga `menyenggol` mobil Avila Bahar. Singkat kata, Rava DNF di HCHSC dan ITCR 1500.

Masih ada satu kelas lagi yang harus dijalani Rava yaitu Eshark Dapur Cokelat Touring Championship dengan start pukul 3 an sore. Upaya keras dilakukan kru mekanik tim Rehobat Motorsport, untuk melakukan perbaikan pada Honda City Hatchback RS.

Jelang race, mobil relatif siap meski tentu saja belum perfect. Nah, belajar dari insiden yang bertubi-tubi dari sesi latihan resmi, Rava tampaknya mulai bisa menggeber mobilnya dengan spec ban baru. 

Hasilnya? Tiga trofi berhasil diraihnya. Trofi juara satu masing-masing di kelas 1500 Promotion dan kelas 1500 Overall Kejurda IMI Jawa Barat. Dan, satu lagi, - ini yang menjanjikan - Rava berhasil menyabet juara 3 kelas 1500 Overall di Eshark Dapur Cokelat Touring Championship ISSOM 2024.

Rava Mahpud dan Sektiyo "Ibek" Hamiseno teammate di tim Rehobat 

"Meski hanya P3 (juara 3) di 1500 Overall, saya sangat senang. Karena kalah terhormat dari dua pembalap jago dan senior langganan podium," senyum Rava Mahpud kepada mobilinanews.

Kenapa bisa negitu? 

Di kelas 1500 Overall itu, Rava hanya kalah dari Avan Abdullah (Bank BJB Delta Garage Racing Team) dan Rio SB (P-Five Racing Team Indonesia) yang masing-masing menempati podium pertama dan kedua. 

Lalu, bagaimana untuk seri kedua ISSOM setelah Lebaran nanti? 

Rava, mahasiswa semester 2 Universitas Prasetya Mulia BSD City yang pernah memboyong trofi sebagai juara 1 pada event gokart yang dilangsungkan di sirkuit South Garda, Lonato, Italia ini hanya tersenyum tipis.

"Akan berusaha lebih baik lagi. Banyak belajar dengan pembalap yang lebih senior, termasuk dari Sektiyo Hamiseno teammate di Rehobat Motorsport. Kan dia pembalap senior yang baru comeback lagi," pungkas Rava, putra Eris Mahpud mantan jawara gokart dan pemilik PO Mayasari Bakti ini. (budsan)  

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo