All New Honda CBR250RR OK Pakai Premium Hingga Pertamax Turbo! Terkait Seting ECU Buat Mode Riding?

Selasa, 20/12/2016 07:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - All New CBR250RR tergolong unik! Sebagai motor generasi modern, dia mau meminum bensin dari kadar oktan rendah, hingga tinggi. PT. Astra Honda Motor (AHM), yang memproduksinya, tidak mematok angka RON tertentu untuk All New CBR250RR. Ini mungkin terkait teknologi mode riding yang disisipkan pada motor berjuluk `Baby Supersport` itu.

Hal All New Honda CBR250RR peminum segala jenis bensin, terungkap saat acara Fun Race yang digelar diler distributor Honda Area Jawa Barat, Daya Adicipta Motora, minggu, (18/12) lalu. Seorang instruktur teknik dari Honda menyebut dapur pacu All New CBR250RR bisa dibakar dengan Premium hingga Pertamax Turbo. “Tenaga yang diraih akan tetap sama, 38,7 DK pada rpm 12.500,” bilang si instruktur teknis Honda Daya itu.

Ini langsung memancing mobilinanews menyusuri sekujur tubuh All New CBR250RR. Mencari label petunjuk dari AHM soal tipe bahan bakarnya. Tapi, tidak ketemu! Berarti benar, motor yang disisipi teknologi throttle by wire ini boleh meminum bensin berkadar oktan 88, atau di atasnya.

Penasaran? Kami juga! Sebab, All New CBR250RR dibekali mesin 2 silinder 250cc dengan perbandingan kompresi 11,5 : 1. Ini sudah termasuk tinggi. Dan, mestinya menggunakan bahan bakar dengan spek oktan 92, setara Pertamax.

Tapi, keanehan ini langsung bisa dikaitkan setelah mendengar komentar Setiawan Hudiono soal rasa mode riding All New CBR250RR. Menurut test rider Honda Dunia Motor itu, ada rasa lambat akselerasi ketika menggunakan mode riding comfort. “Yang paling cocok buat harian, ya mode Sport. Kalau yang sudah advance, bisa pakai mode Sport+,” bilang Setiawan yang menjajal All New CBR250RR sebanyak 47 lap di sirkuit internasional Sentul.

Jelasnya begini, dengan teknologi throttle by wire, disebutkan ada delay atau advance sekian derajat ketika pakai mode riding Comfort dan Sport+. Memang, instruktur menyebut delay atau advance di waktu bukaan katup throttle body.

Tapi, analisa `ilmu kira-kira` mobilinanews berkata lain. Throttle by wire yang ditemani electronic control unit (ECU) sebagai otak mesin yang mengatur waktu dan grafik pengapian, pasti berkait dengan konsumsi BBM All New CBR250RR.

Hal ini diperkuat komentar Benny Djatiutomo, mekanik balap papan atas yang pernah menukangi Astra Honda Racing Team. “Mungkin ada kaitannya antara konsumsi bbm yang bebas oktan dengan pengaturan mode riding,” ujar Benny.

Analisa selanjutnya, bukan tidak mungkin ketika kita mengubah mode riding, ECU langsung mengubah waktu dan grafik pengapian dapur pacu All New CBR250RR. “Kita ngga tau, bukan tidak mungkin di mesin All New CBR250 dilengkapi knocking sensor. Sensor itu baca kadar oktan, lalu otomatis ubah waktu pengapian supaya tidak terjadi knocking, atau ngelitik,” jelas Benny yang tetap menyarankan penggunaan BBM berkadar ron 92 ke atas untuk All New CBR250RR yang kompresinya 11,5 : 1.

Sekali lagi, ini masih kira-kira. Karena PT. AHM memang masih pelit informasi soal motor sport 250 cc produksi massal di Indonesia yang bisa dibilang paling mutakhir ini. “Enaknya dites di dyno. Pakai semua tipe bensin, lalu dilihat grafik tenaganya terhadap waktu. Nanti terlihat kaitannya,” tutup Benny Djatiutomo.

Siap! Tinggal tunggu PT. AHM meminjami All New CBR250RR pada mobilinanews! (Aries Susanto)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!