WRC 2017 Fiinlandia : Local Heroes Kuasai 3 Besar, Ogier Kecelakaan

Sabtu, 29/07/2017 18:40 WIB

mobilinanews (Finlandia) – Rookie tuan rumah yang baru 4 kali tampil di WRC, Esapekka Lappi, tampil mengejutkan dengan memimpin sementara Rally Finlandia usai SS13 pada Jumat (28/7) malam. Luar biasa, ia menangi 8 dari 13 SS.

Sukses Lappi diikuti seniornya di tim Toyota Gazoo Racing WRT, Jari-Matti Latvala,  di urutan kedua dengan gap hanya 4,4 detik.

Kedua pembesut Toyota Yaris itu bisa melakoni lanjutan lomba pada Sabtu (29/7) ini tanpa ancaman serius karena pesaing terdekat yang juga pereli lokal, Teemu Suninen (Ford), sudah tertinggal 19 detik.

Sukses Suninen di 3 Besar juga sebuah kejutan mengingat pereli berumur 23 tahun itu baru dua kali ini tampil di WRC.

Seperti kebanyakan anak-anak Finlandia yang terobsesi oleh para pereli top negerinya, Lappi sejak kecil punya obsesi tampil ganas di Rally Finlandia berjuluk Rally 1000 Danau itu.

Beruntung ia dapat kesempatan gabung dalamtim Toyota Gazoo yang dimotori oleh legenda Finlandia, Tommi Makinen.

“Saya tak bisa berkata-kata lagi. Luar biasa, karena sama sekali tak terbayang sebelumnya bisa memimpin di reli besar ini,” kata Lappi.

Sukses pereli lokal menghuni 3 Besar tentu juga dipengaruhi oleh penampilan buruk para pereli top non-Finlandia.

Sebastien Ogier (Prancis) harus out di awal sesi Jumat lantaran jumping terlampau keras yang bikin hancur suspensi belakang dan akhirnya Ford Fiesta miliknya harus ‘finish’ di sebuah pohon.

Navigatornya pun harus istirahat karena merasa pusing berkepanjangan.  Satu-satunya kesempatan pemimpin klasemen sementara itu mendapat poin hanya terbuka pada Power Stage pada Minggu (30/7) dengan memanfaatkan regulasi Rally2, tapi itu pun tergantung kondisi sang navigator.

Untungnya, pereli Belgia Thierry Neuville (Hyundai) selaku rival Ogier di kejuaraan dunia, juga bermasalah dan sementara terdampar di urutan 8 overall dengan defisit waktu 58 detik. Target realistisnya di akhir lomba adalah 5 Besar untuk memangka jarak poin dengan Ogier di klasemen kejuaraan dunia.

Sabtu (29/7) ini peserta disuguhkan 8 SS dengan total jarak kompetisi 155,02km. Menarik menunggu sepak terjang local hero berikutnya! (andro)

TERKINI
Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia