F1 2017 Hongaria : Ini Sebab Hamilton Mengalah Jelang Finish

Selasa, 01/08/2017 10:01 WIB

mobilinanews (Hungaroring) – Kali ini tim Mercedes bermain fairplay dan berikan penghormatan atas jerih payah pebalap kedua Valtteri Bottas. Ia lebih berhak atas podium GP Hongaria kemarin dan begitulah perjanjian rahasia yang dibuat tim jelang start.

Pebalap utama Lewis Hamilton memang lebih membutuhkan poin untuk melawan Sebastian Vettel (Ferrari) di klasemen. Celakanya, iamenempati urutan start ke-4 di belakang Vettel dan teammate Kimi Raikkonen dan Bottas.

Dengan persetujuan bos Toto Wolf, maka dibuatlah kesepakatan. Bottas akan mempermudah langkah Hamilton melewatinya saat balapan untuk coba bersaing dengan dua Ferrari di depan.

Tapi, jika gagal, maka posisi ke-3 akan dikembalikan kepada Bottas yang juga butuh poin untuk perkuat reputasinya di kancah F1.
Perjanjian itu yang jadi sebab Hamilton melambat dan mempersilakan Bottas menyalipnya jelang garis finish.

“Terimakasih buat Lewis dan tim, saya sangat menghargai itu. Ini sangat menyenangkan dalam tim, karena normalnya rekan satu tim tetap bertarung dalam situasi perebutan podium,” komentar Bottas.

Hamilton yang kehilangan keuntungan 3 poin dari pergantian posisi itu merasa lega telah menepati janjinya.

“Sejak awal saya ingin meraih gelar juara dunia dengan cara yang benar. Setiap poin penting dan diperjuangkan mati-matian, tapi hati saya mengatakan Valtteri yang punya hak ke podium,” ucapHamilton yang sebelumnya sudah meninggalkanBottas sekitar 7 detik.

Meski gundah karenaVettel kembali menjauh, Wolff menghargai kolaborasi Hamilton dan Bottas di lintasan.

“Jika di akhir musim kami kalah karena selisih tiga poin saja, maka sayalah orang yang paling layak disalahkan,” katanya. (andro)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia Sumatra Dirt Bike, Ajang Adventure Yang Ditunggu Kini Bakal Hadir