Tes Misano: Barang Baru Yamaha, Hanya Bagus Buat Rossi

Jum'at, 30/08/2019 09:17 WIB

mobilinanews (San Marino): Tes perdana swingarm baru itu berlangsung di Sirkuit Misano, San Marino, Kamis (28 Agustus). 

Selain swingarm berbahan carbon fibre, Yamaha juga membawa knalpot baru buat M1 spek 2019. Juga diuji prototype mesin 2020 yang sudah diperkenalkan sebelumnya di Sirkuit Brno, Rep.Ceko.

Hasilnya, Valentino Rossi mengaku puas meski hanya tercepat ke-5. Setidaknya akselerasi dan performa ban belakang (yang selama ini ia keluhkan) mulai terobati. 

"Secara keseluruhan bagus, saya senang," kata The Doctor yang sudah berkali-kali menuntut Yamaha meninggalkan swingarm aluminium dan membuat carbon fibre swingarm sebagaimana dilakukan Ducati sejak 2009 dan belakangan diikuti pabrikan Honda, Aprilia dan KTM.

Rekan setimnya, Maverick Vinales, sebaliknya justru mengeluh dengan barang baru itu. Ia mengaku tak percaya diri meski sedikit lebih kencang dari Rossi.

"Saya akan coba setingan baru pada sesi Jumat ini," ucap Vinales yang menyudahi tes di urutan ke-4 tercepat di bawah dua prmbalap satelit Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. 

Marc Marquez (Honda) sukses memotong dominasi Yamaha dengan menduduki peringkat ke-3. Sebagai pembalap satelit di Petronas Yamaha SRT, Quartararo dan Morbidelli tidak turut menguji swingarm dan knalpot baru Yamaha meski sama-sama menggeber M1 2019.

Rossi memberi indikasi akan fokus pada pengembangan swingarm barunya. Dan, besar kemungkinan akan ia gunakan dalam GP Marino yang dihelat pertengahan September.

Itu penting karena Sirkuit Misano tak jauh dari kampung Rossi di Tavuila, Italia. GP Misano selalu mbludak oleh fans VR46. Tentu dengan harapan barang baru Yamaha akan mendongkrak penampilan Rossi di atas M1. (rnp)

TERKINI
FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya