MotoGP 2019 : 4 Hari Lagi, Marquez Juara Dunia 2019, Kali Ke-8

Rabu, 02/10/2019 16:50 WIB

mobilinanews (Thailand)  - Judul di atas tak perlu diimbuhi tanda tanya (?). Ya, 4 hari lagi terwujud.

Tempat dan waktunya seusai race GP Thailand, Minggu (6 September 2019) di Sirkuit Buriram.

Jika dipersentase, 95% peluang dimiliki Marquez mengunci gelar 2019 di sana.

Maka tak berlebihan jika tim MM93 sudah menyiapkan t-shirt sebagai champion untuk dipakai MM saat selebrasi pada Minggu siang mendatang.

Datang ke Thailand dengan keunggulan 98 poin di klasemen pembalap, Marquez hanya butuh finish di depan Andrea Dovizioso di Thailand dengan marjin 2 poin.

Jika juara, ya pasti gelar 2019 langsung disabet. Begitu pun jika ia runner up dan Dovi urutan 3. Pokoknya harus finish di depan Dovi.

Yang bisa menggagalkan raihan trofi 2019 di Thailand hanya jika Dovi juara atau setidaknya lebih dulu dari Marquez mencapai garis finish.

Juga gagal jika keduanya tidak mendapat poin, satu hal yang sulit terjadi meski yang namanya kemungkinan tetap saja ada.

Pembalap Repsol Honda itu sadar peluangnya sangat besar mencetak gelar dunia kali ke-6 di MotoGP atau total 8 gelar dunia bersama 2 trofi sebelumnya di kelas nyamuk.

Meski begitu ia tak mau terlalu memikirkan hal itu.

"Target kami sejak awal memang kejuaraan dunia, tak masalah tercapai di mana. Situasi di klasemen memang menguntungkan, tapi semuanya harus menunggu hingga lap terakhir selesai," kata Marquez. 

Meski tugasnya hanya perlu mengalahkan Dovi dengan gap 2 poin, Marquez tak ingin gegabah.

"Dovi bukan lawan yang mudah. Ia pantang menyerah dan siap tarung sampai lap terakhir. Jadi, kita tunggu saja apa yang terjadi sampai GP Thailand benar-benar finish," kilahnya. 

Apa yang disampaikan Marquez beralasan karena perlawanan Dovi masih gigih sampai titik oli terakhir seperti ia tunjukkan di GP Aragon lalu. Tempur terus sepanjang masih ada peluang, sekecil apapun.

Tahun lalu di Thailand, Dovi juga jadi musuh besar Marquez hingga garis finish. Duel sengit berlangsung dan Dovi hanya kalah 0,1 detik usai duel panjang hingga lap terakhir.

Akankah Marquez kenakan t-shirt juara dunia 2019 di Thailand? Atau Dovi bisa menundanya hingga seri Jepang nanti?

Kemungkinan besar yang pertama, 4 hari lagi, jika parameternya adalah fakta di lintasan sepanjang musim ini. (rnp)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia Sumatra Dirt Bike, Ajang Adventure Yang Ditunggu Kini Bakal Hadir