Daihatsu Akui Sedang Uji Coba Mesin 1.000 cc Turbo dari Kei-car Thor

Senin, 14/10/2019 10:20 WIB

mobilinanews (Bandung) – Belum lama ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) diketahui sedang menguji coba mobil yang pernah dipamerkan sebelumnya, yakni Daihatsu Thor di sejumlah jalanan Indonesia.

Setelah dikonfirmasi, manajemen PT ADM mengakui sedang melakukan uji coba kei car Daihatsu Thor, khususnya mesin 1.000 cc turbo yang diusungnya.

“Yang kita lakukan pada test Thor ini adalah mesin 1.000 cc dengan Turbo,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT. ADM di sela kegiatan media test drive New Daihatsu Sigra di Lembang, Jawa Barat (10/10/19).

“Tenaganya seperti apa, di jalan indonesia cocok atau engga, performance-nya kita catat, lalu kita bandingkan dengan kompetitor yang sudah keluarkan mesin turbo,” lanjut Amel, sapaannya. 

“Teman-teman R&D kita sudah studi kesitu, possible atau engga,” tambahnya menyebut fenomena mesin turbo yang mulai banyak diandalkan sejumlah pabrikan mobil di Indonesia.

“Target customer-nya kalau anak muda senang, tapi customer keluarga enggak pikirkan mesinnya turbo atau enggak, mereka lebih pikirkan mesin ini mampu angkut 7-seater atau enggak, irit atau enggak,” tegas Amel.
 
Dalam rangka menguji mesin turbo kapasitas kecil ini, tentunya akan ada produk baru yang disiapkan PT ADM untuk mengusung mesin ringkas yang lebih bertenaga ini.

Sebelumnya, PT ADM sempat memajang prototipe city car Ayla yang dilengkapi peranti turbo pada ajang GIIAS 2018 lalu.

“Kalo Ayla turbo itu kan LCGC, engga sanggup harganya, nambahnya akan banyak,” ungkap Amel. “Kita lihat potensi pasarnya untuk model baru city car turbo, pada waktunya akan saya kasih tau,” tutupnya.

Jika benar akan direalisasikan, Daihatsu akan menjadi pabrikan pertama di Indonesia yang menerapkan mesin kapasitas kecil dilengkapi turbo. (anto)

TERKINI
FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin, Begini Peluang dan Tantangannya