Dua Pembalap Honda Raih Juara 1 & 2 di F1 Brazil 2019, Ini Kunci Kemenangannya

Senin, 18/11/2019 20:17 WIB

mobilinanews (Brazil) – Dua tim yang didukung Honda, yakni Aston Martin Red Bull Racing melalui pembalapnya Max Verstappen dan Red Bull Toro Rosso Honda dengan Pierre Gasly meraih kemenangan pertama dan kedua di ajang balap F1 Grand Prix Brazil 2019, Minggu (17/11/2019) malam.

Ini merupakan kemenangan ketiga tim Red Bull Honda sepanjang musim balap F1 tahun 2019. Sementara untuk Pierre Gasly, raihan finish kedua merupakan hasil terbaiknya saat ini dan juga untuk tim Toro Rosso Honda di musim balap F1 tahun 2019.

Ajang balap dibuka dengan Max Verstappen memimpin jalannya balapaan dari pole position. Meski sempat tertinggal setelah melakukan pit stop, Verstappen mampu mengejar ketertinggalannya dengan mengambil alih kembali posisi terdepan dan mampu mempertahankan hingga finish.

Sementara itu Pierre Gasly juga mampu memperlihatkan performa apiknya dengan mampu mempertahankan posisi kedua hingga garis finish. Hasil ini merupakan podium pertama Pierre sejak berkarir di F1.

Pembalap lainnya, Daniil Kvyat mencatat finish di posisi ke-10 untuk menambah koleksi point tim Toro Rosso yang kini berada di posisi kelima konstruktor F1 2019.

Bagi Honda, juara pertama dan kedua ini yang pertama kalinya diraih sejak terakhir kali di Grand Prix Jepang 1991, sekaligus menjadi finish terbaik tim Toro Rosso sejak tahun 2008. Sebelumnya, hasil finish kedua di GP Brazil 2019 merupakan podium kedua di musim ini.

Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda Racing F1 mengatakan, ini merupakan kemenangan pertama di Brazil sejak kemenangan bersejarah dicatat Aryton Senna pada 1991.

"Raihan hari ini didukung performa yang agresif dan cerdas dari Max Verstappen serta strategi yang berhasil dieksekusi oleh tim. Kemenangan ketiga di musim ini merupakan hasil yang baik bagi Honda dan Aston Martin Red Bull Racing. Selamat untuk Pierre Gasly yang meraih podium F1 pertamanya, serta Toro Rosso meraih top 3 untuk kedua kalinya,” ujar Toyoharu.

Max Verstappen menyambut kemenangan ini dengan suka cita. “Kemenangan ini hasil kerjasama tim yang bagus. Pertarungan sangat ketat, namun kami selalu dapat menyusul kembali. Situasinya tidak mudah, tapi tim berhasil mengambil keputusan yang tepat, terutama strategi mengganti ban yang berhasil memberikan kami kemenangan," girang pembalap asal Belanda ini. (bs)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia Sumatra Dirt Bike, Ajang Adventure Yang Ditunggu Kini Bakal Hadir