Perhatikan V-Belt Motor Matic Anda, Agar Enggak Ngempos di Jalan!

Selasa, 02/06/2020 18:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sebagai penggerak pada motor matic, kondisi V-Belt akan sangat  mempengaruhi performa motor Anda.

Terlebih ketika motor tersebut digunakan setiap hari, sudah pasti performa V-Belt makin ke sini tentu akan memudar tidak seperti baru lagi.

Dalam bincangnya dengan mobilinanews,  Ahmad Faiq dari mekanik Yamaha DDS, menjelaskan untuk memastikan V-Belt dalam kondisi masih baik, bisa dilihat secara langsung.

"Kondisi V-Belt yang retak, tentu saja bisa mempengaruhi performa motor. Retaknya bisa dilihat langsung ketika servis, ada retak di tengah antara gigi-gigi V-Belt," terang Faiq.

Selain itu, kondisi lainnya yang juga bisa dilihat adalah permukaan atas, di mana ada garis bekas gesekan.

Faiq juga menambahkan, ketika V-Belt sudah berusia cukup lama dan harus diganti, karena secara fungsional sudah tidak kuat tarikannya.

"Kalau kendur, kan bisa terlihat juga. Jadi tenaganya itu dikhawatirkan akan mengempos. Kendor dalam artian ketika dipasang, bisa dipegang antara bagian atas dan bawahnya," tambah Faiq.

Sebagai informasi, untuk usia pakainya, V-Belt memiliki durasi hingga 25.000 kilometer dengan pemakaian yang wajar. (hf)

TERKINI
FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin, Begini Peluang dan Tantangannya