F1 2020 Italia: Haiya, Tanpa Party Mode Mercedes Malah Pecahkan Rekor Monza!

Sabtu, 05/09/2020 22:10 WIB

mobilinanews (Italia) - Jelas sudah Mercedes memang tak terkalahkan di sesi kualifikasi. Tanpa perangkat party mode yang baru saja diharamkan, duo Mercedes tetap saja sukses mendapuk P1-P2 alias front row dalam race GP Italia, Minggu (6/9/2020) esok di Sirkuit Monza, Italia.

Party mode sebagai booster yang menambah power W11 dan dicurigai sebagai kekuatan Mercedes saat kualifikasi kini terbukti bukan faktor utama kehebatan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas di single lap. Keduanya tetap tercepat di tiga tahap kualifikasi pada Sabtu (5/8/2020). 

Hebatnya lagi, keduanya bergantian bikin rekor kecepatan baru di Sirkuit Monza. Memecahkan rekor lama buatan Kimi Raikkonen saat masih bersama Ferrari di musim 2018.

Bottas yang pertama bikin rekor baru di sesi Q2 dengan catatan waktu 1:18,952. Sekaligus menjadikannya orang pertama yang bisa lari segitu kencang di Monza di bawah 1 menit 19 detik.

Berikutnya di Q3, gantian Hamilton yang pertajam rekor menjadi 1:18,887 sekaligus peraih pole position. Artinya, ia ngebut banget dengan rata-rata kecepatan 264,362 km per jam. Wow, wow, wow!

Bottas sendiri bikin waktu 1:18,956 di Q3. 

"Waktu yang sangat dekat dan bersaing dengan Lewis. Saya harap dalam race besok juga bisa tetap bersaing," kata Bottas berbasa-basi karena faktanya berulangkali ia bisa memepet waktu Hamilton tapi nyatanya di saat balapan tak pernah lakukan serangan berarti kepada rekan setimnya itu.

Yang bukan basa-basi adalah sukses Carlos Sainz (McLaren) yang masuk 3 Besar meski tertinggal 0,8 detik dari Mercedes. Ia realistis tak bakal sanggup lawan mercedes berebut juara.

Tapi, ia bisa fight merebut satu tempat di podium melawan Sergio Perez (Racing Point) dan max Verstappen (Red Bull) yang start dari grid 4 dan 5.

Tuan rumah Ferrari, lagi-lagi menyedihkan. Tak ada yang lolos ke 10 besar. Sebastian Vettel gagal ke Q2, sedangkan Charles Leclerc gagal laju ke Q3.

Saat balapan esok, Leclerc start dari urutan 13, sedangkan Vettel dari posisi 17. Maka, tak ada janji yang bisa mereka ucapkan meski main di kandang Ferrari. (rnp)

 

TERKINI
FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin, Begini Peluang dan Tantangannya