Trail 4 Jurai, Cara Camat Bayang Angkat Potensi Daerah di Ranah Minang

Jum'at, 16/10/2020 01:05 WIB

mobilinanews (Painan) - Ada banyak cara untuk mengangkat potensi daerah agar dikenal kalangan luas. Bisa melalui promosi pariwisata, bisa juga perantara hobbies. Apalagi hobi otomotif, cakupan bisa lebih luas lagi.

Seperti yang dilakukan Camat di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. "Trail IV Jurai merupakan gabungan pecinta motor trail adventure se Kecamatan," terang Ronal Bernando, Sang Camat yang mengendarai KTM 350 Six Day.

Kecamatan IV Nagari Bayang Utara terdiri dari 6 Nagari, yakni Nagari Puluik Puluik Selatan, Puluik Puluik, Koto Ranah, Muaro Aie, Pancuang Taba dan Limau Gadang Pancuang Taba.

"Awal berdirinya, karena konsepnya memindahkan tempat ngopi dari warung ke lapangan atau ke dalam rimba sambil menyalurkan hobi," tutur Ronal.

Virus pun menyebar. Saat ini members mencapai 50 orang. "Anggota lintas profesi dengan berbagai latar belakang, lengkaplah. Misinya lebih banyak ke sosial dan pariwisata," tambah Afridal, Sekretaris Camat yang sudah kena virus ngetrail.

Nah, salah satu misi sosialnya, membantu Kodim 0311/Pessel dalam program TMMD, singkatan Tentara Manunggal Membangun Desa.

"Kami turunkan anggota menelusuri daerah terisolir yang sulit dilalui kendaraan dalam kegiatan TMMD ke-109 Tahun Anggaran 2020 di Kabupaten Pesisir Selatan," ulas Ronal pada Kamis (15/10/2020).

Itu misi sosial. Misi pariwisata juga menjadi prioritas. Klub yang berada di bawah naungan Ikatan Trail Adventure (ITA) Sumatera Barat ini terus menggali potensi wisata daerah. Bisa melalui event, bisa juga kegiatan rutin.

"Kalau event, jatah kami dua kali dalam setahun. Cuma karena pandemi Covid-19 sekarang, terpaksa cooling down dulu, menunggu momen yang tepat. Yang jelas, jalur trek di IV Nagari Bayang Utara disukai riders trail," ungkap Ronal.

"Ada banyak jalur ekstrem yang menantang. Paling diminati itu Sungai Putih. Dengan banyaknya yang ingin mencoba trek ekstrem, ini menjadi promosi wisata bagi Kecamatan IV Nagari Bayang Utara. Apalagi wilayah ini menjadi perlintasan antar Kecamatan," pungkas Camat yang dekat dengan masyarakat ini.

Mantap! (bangVe)

 

TERKINI
FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya