Akhirnya Impian Offroader Balikpapan Memiliki Sirkuit Tercapai!

Jum'at, 30/10/2020 23:15 WIB

mobilinanews (Balikpapan) - Selang dua bulan terakhir, offroader di Balikpapan, Kalimantan Timur memiliki misi khusus. Hampir setiap pekan terlihat berada di komplek perumahan Nirmala Residence yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta KM 12, Balikpapan. 

Apa misinya?

"Rekan offroader ingin memiliki sebuah sarana tempat berlatih yang sekaligus bisa digunakan untuk kendaraan roda dua dan empat. Bukan hanya latihan, tapi juga kompetisi," buka Gatot Koco, Ketua Pengurus Cabang Indonesia Off-road Federation (Pengcab IOF) Balikpapan.

"Semua berawal dari obrolan ringan sesama offroader R2 dan R4. Salah satunya H Karsiman Hady, pemilik perumahan Nirmala Residence," ungkap Sunu Warnan, offroader senior Kalimantan Timur.

Nah, memanfaatkan lahan kosong seluas 9 hektar yang ada di Nirmala Residence, impian itu mulai diwujudkan. Caranya, dibuka jalur trek menantang.

"Kebetulan kontur tanahnya bukit kecil, jadi bisa dibuat trek naik dan turunan," terang Gatot Koco yang disupport H. Arin, Ketua Komunitas Trail Adventure (KOTA) Balikpapan.

Berkat kekompakan bersama, dalam waktu singkat, terwujudlah apa yang menjadi impian offroader di Balikpapan. Tersaji 3 SCS (Special Competition Stage), garapan Hendro dan Gofur sebagai Master Track.

"Terwujudnya Sirkuit Nirmala ini berkat partisipasi dari para offroader. Kami membuka donasi. Tak disangka banyak yang merespon. Lebih dari 42 offroader menjadi donatur," puas Sunu Warnan.

Yaps! Cukup lengkap handicap, mulai lintasan basah di rawa dan jalur kering yang panjang buat ngegas. "Bagi yang suka adventure offroad dibuatkan juga rintangannya, termasuk untuk trail," beber Sunu Warnan.

Lalu trek itu dinamakan Sirkuit Nirmala, sesuai dengan nama perumahan. Apalagi sang pemilik Nirmala meminjamkan lahan selama 5 tahun. Klop deh! Kini tibalah saatnya untuk diresmikan.

IOF Balikpapan mengundang sobat offroader, baik yang mengendarai mobil 4 wheel drive, maupun trail.

"Kita adakan acara syukuran hadirnya Sirkuit Nirmala pada Sabtu, 31 Oktober 2020. Kesempatan ini sekaligus sebagai Latihan Bersama," terang Gatot Koco.

Karena lokasinya berada di dalam kota, tak salah jika disambut antusias offroader. Apalagi sejak pandemi Covid-19 mewabah, praktis kegiatan vakum. Inilah saatnya menjajal trek baru!

Apa targetnya? "Semoga tahun 2021 nanti ada atlet 4x4 dan 2x1 Kaltim menjadi Driver dan Rider yang diperhitungkan di kancah Kejuaraan Nasional," pungkas Sunu Warnan.

Siplah! (BangVe)

 

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia Sumatra Dirt Bike, Ajang Adventure Yang Ditunggu Kini Bakal Hadir