F1 2020 Abu Dhabi: Lewis Hamilton Negatif Covid-19 dan Masuk Yas Marina, George Russel Balik ke Williams?

Jum'at, 11/12/2020 07:42 WIB

mobilinanews (UEA) - Belum diputuskan resmi, tapi harapan fans F1 melihat George Russell kembali berada di kokpit Mercedes W11 kemungkinan besar tak terwujud.

Lewis Hamilton sudah tiba di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. FIA pun menyatakan dirinya boleh masuk paddock.Tapi, tidak sebut boleh bertanding.

Tengah malam tadi, FIA, manajeman F1 dan tim Mercedes membuat pernyataan pers berrsama kalau Hamilton dapat izin masuk paddock GP Abu Dhabi yang memulai latihan resmi pada Jumat, 11-12-2020, hari ini. Hanya saja tak disebutkan apakah pembalap utama Mercedes itu akan ikut FP1 atau FP2 hari ini.

Dalam rilis resmi di laman FIA hanya disebutkan kalau Hamilton sudah selesaikan masa isolasi 10 harinya di Bahrain. Serangkaian tes Covid-19 menyatakan dirinya kini negatif dan diizinkan keluar dari Bahrain.

Tak lama kemudian Hamilton menuju Abu Dhabi dengan pesawat pribadi dan juga lolos tes masuk negara Uni Emirat Arab.

"Rangkain tes negatif di Bahrain dan Abu Dhabi maka Lewis Hamilton akan diberikan akses masuk paddcock GP Abu Dhabi sesuai ketentuan yang ada. Protokol FIA soal penanganan Covid-19 tetap jelas dan tak berubah. Hasil tes negatif Covid-19 diperlukan untuk mendapatkan akses," tulis FIA.

Sama sekali tak ada kalimat yang menyinggung kemungkinan Hamilton ikut latihan hari ini atau akan memulai lagi aksinya di trek F1 pada sesi Sabtu esok (FP3 dan kualifikasi).

Pasalnya, sesuai peraturan di UEA maka setiap warga asing yang masuk negara itu harus dikarantina 24 jam setelah kedatangan.

Rombongan F1 yang datang dengan dengan mencarter beberapa pesawat khusus melewati ketentuan itu dengan dispensasi tersendiri dari otoritas UEA.

Belum ada kabar apakah Hamilton yang datang tersendiri dengan rombongan terbatas juga mendapat dispensasi.

Team Principal Mercedes Toto Wolff sebelumnya menegaskan kalau pihaknya akan menunggu sampai detik-detik terakhir untukmembuat keputusan. Apakah akan menurunkan Hamilton atau pembalap pengganti Russell seperti di GP Sakhir pekan lalu.

"Prioritas adalah kesehatan Lewis. Seberapa fit ia untuk kembali ke lintasan," kata Wolff yang tak memungkiri kalau saat sama Russell juga disiapkan jadi pengganti begitu Hamilton tak jadi ikut balapan.

Russell sendiri hadir di Sirkuit Yas Marina pada Kamis kemarin dengan kostum tim Mercedes, bukan tim Williams yang menjadi tim regularnya.

Ditanya media apakah ia yakin akan geber W11 sehingga kenakan kaos milik Mercedes, pembalap Inggris 22 tahun itu jawab sekenanya.

"Saya bingung mau pakai kaos apa hari ini. Saya comot saja kaos yang terakhir saya pakai, dan ini dia," kata pembalap binaan Mercedes ini yang juga bingung pada hari itu apakah bicara mewakili Williams atau Mercedes. (rnp)

 

TERKINI
FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin, Begini Peluang dan Tantangannya