ITCC Sentul : Fino Mundur Karena Kecewa Peraturan Dikeluarkan Mendadak

Minggu, 25/10/2015 07:57 WIB

mobilinanews (Sentul) – Ada pemandangan ganjil saat kualifikasi kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) di sirkuit Sentul Internasional, Bogor, Sabtu (24/10). Yakni hanya 3 peserta yang ikutan. Sedang Fino Saksono memilih mundur. Kenapa?

Andalan tim GT Radial itu kecewa karena peraturan soal rem dikeluarkan terlalu mendadak hanya 3 hari jelang balap. “Sekiranya mau dikeluarkan buletin atau perubahan aturan kenapa tidak di awal seri mendatang sekalian.  Dan kenapa tidak juga ditanya ke pebalap lain perihal masukan dari salah satu pihak untuk menjadi pertimbqngan lain,” ujar Fino kepada mobilinanews.

Lebih lanjut Fino mengatakan, janganlah melihat dari satu sisi teknis. Honda Jazz baru selisihnya 10 hp dibandingkan  Honda Jazz lama.

“Jika saja ada regulasi yang membolehkan melakukan penggantian sistem rem ya jazz baru bisa lebih diuntungkan. Misalnya jarak pengereman jika dirasakan tidak optimal di jarak 100 meter  menjelang tikungan, ya diperjauh lah jarak pengeremqn agar safety saat nikung.

Nah jika Honda Jazz baru ganti perangkat rem dengan catatan bisa lebih pendek melakukan pengereman saat di tikungan, ya pastinya akan lebih melesat jauh, secara power selisih 10 hp dan jarak pengereman lebih pendek,”  tutur Fino.

“Kalau mau win-win, seharusnya dipikirkan juga dan dilihat hp Honda Jazz lama. Jika jazz baru diijinkan ganti sistim pengeremqn maka idealnya jazz lama juga diijinkan untuk ningkatkan hp. Jazz lama bagus pengereman tapi kekurangan power.Honda Jazz baru kurang bagus pengereman tapi power besar,” lanjutnya.

“Saya resmi mundur karena buletin dikeluarkan tanpa sosialisasi dan merujuk pada masukan pebalap tertentu  (bukan keluhan bersama). Andai ada kesempatan untuk rembugan perihal perubahan regulasi tentu akan lebih baik dan tidak mengundang polemik,” tutup Fino.

TERKINI
Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok Chery dan Revolusi Produk di Beijing Auto Show 2024, Ada TIGGO 9 PHEV! Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024