MotoGP 2021: Selain Pajak, Sel Darah Merah Jadi Pertimbangan Banyak Pembalap Tinggal di Andorra

Senin, 22/02/2021 18:29 WIB

mobilinanews (Andorra) - Andorra, negeri kecil di antara Spanyol dan Prancis, semakin banyak dihuni para pembalap profesional. Khususnya dari MotoGP.

Tadinya diduga karena pajak penghasilan yang hanya 10% yang jauh lebih kecil dibandingkan negara Eropa lainnya. Ternyata bukan hanya karena hal itu.

Pembalap tim pabrikan Yamaha Fabio Quartararo salah satu yang sudah berdomisili di sana. Punya rumah besar di kawasan pegunungan seperti rumah milik Jorge Lorenzo, Espargaro Bersaudara, Jack Miller dan banyak pembalap lainnya.

Pembalap muda Prancis itu bertetangga persis bersebelahan dengan pereli mobil tim Hyujdai di kancah WRC, Dani Sordo (Spanyol).

Tinggal di kawasan pegunungan La Massana yang berada di 1400 meter dari permukaan laut, menurut Quartararo sangat ideal untuk mempersiapkan fisik, skill dan mental sebagai pembalap motor. Di rumahnya tentu tersedia seluruh fasiltas olahraga layaknya sebuah gym.

Yang tak kalah penting adalah apa yang tersaji di luar rumah. Dengan motor trail, ia bisa melatih skill dan mentalnya dengan menyusuri kawasan hutan, berkelit di antara pepohonan dan jumping dari berbagai jenis kondisi trek.

Di sini ia melatih keseimbangan, memperkuat refleks, dan dalam tempo per detik harus cepat membuat keputusan dengan pertimbangan resikonya.

"Itu cara kami menyempurnakan seluruh detil yang berkaitan dengan setang motor, termasuk gerakan kecil sekali pun. Ini penting saat berkompetisi di MotoGP, sekaligus untuk mengurangi resiko terjatuh," katanya.

Lebih jauh menurut Quartararo tinggal di ketinggian juga menguntungkan secara fisik. Bukan hanya karena faktor latihan seperti uraian di atas.

"Tapi, ketika sedang tidur pun Anda memetik manfaatnya. Tubuh tetap memproduksi sel darah merah. Itu mendukung stamina saat balapan, saat Anda mengemudikan motor seberat 150 kg dengan speed lebih dari 300 km/jam, dengan durasi lebih dari 20 laps," paparnya.

Quartararo salah satu unggulan juara dunia tahun ini. Ia sendiri pasang target begitu, sekaligus menjadi pembalap Prancis pertama yang meraih titel MotoGP. (rnp)

 

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia Sumatra Dirt Bike, Ajang Adventure Yang Ditunggu Kini Bakal Hadir