MotoGP 2021: Vinales Berbohong, Ternyata Sudah Bisik-Bisik Dengan Aprilia!

Senin, 28/06/2021 20:46 WIB

mobilinanews (Italia) - Putus asa di Yamaha, ternyata Maverick Vinales kepincut dengan performa Aprilia musim 2021. Di tangan Aleix Espargaro, tim pabrikan Italia itu meraih kemajuan pesat meski belum juga meraih kemenangan. Hanya tinggal waktu pegumuman resmi, kapan Vinales gabung ke sana.

Di sela-sela seri balap GP Belanda lalu di Sirkuit Assen, sudah berkembang rumor kalau Vinales ingin segera memutus kontrak dengan Yamaha. Selanjutnya main memperkuat Aprilia pada 2022.

Masalah yang terjadi adalah durasi kontrak pembalap Spanyol itu yang terikat dengan Yamaha hingga akhir 2022. Artinya, perlu pembicaraan dan keputusan khusus untuk memutus kontrak di tengah jalan.

Jika Yamaha keberatan maka Vinales tak bisa apa-apa. Itu terungkap dari omongan CEO Aprilia Massimo Rivola saat berada di Assen.

"Kami akan senang mengontrak Maverick. Itu jika ia dan Yamaha bisa temukan jalan keluar untuk menyudahi kontrak di tengah jalan," kata Rivola, mantan petinggi Ferrari di F1 yang pindah ke MotoGP dengan ambisi besar membawa Aprilia ke level atas.

Dari ucapan Rivola jelas tertangkap kesan ia dan Vinales sudah bicara soal kemungkinan tersebut. Sudah ada bisik-bisik awal yang kemudian bocor di paddock Assen.

Saat dikonfirmasi usai finish podium di Assen, Vinales dengan tegas membantah isu keinginannya cabut dari Yamaha dan pindah ke Aprilia.

"Pindah tim? Itu sama sekali tak ada dalam pikiran saya," kata Vinales.

Ternyata ia bohong. Hanya beberapa jam setelah pernyataan itu, ternyata ia rapat khusus dengan petinggi Yamaha untuk akhiri kontrak usai 2021 sekaligus buka jalan ke Aprilia.

Yamaha ternyata tak menolak dan hari ini keluar pernyataan bersama kedua belah pihak, sepakat berpisah.

Kini Vinales menjadi pembalap bebas. Hanya tinggal pengumuman resmi dirinya bersama Aprilia mulai musim 2022. Kapan diumumkan tampaknya tak akan membutuhkan waktu lama.

Aprilia tahun depan sepenuhnya jadi tim pabrikan dan dijalankan oleh mereka sendiri (selama ini operatornya adalah Gresini Racing). Performa motor mereka mulai acap bikin kejutan di sesi latihan dengan beberapa kali bersaing di 3 Besar.

Tadinya, Aprilia ingin mendapuk Andrea Dovizioso yang tengah cuti balapan setelah pisah dengan Ducati di akhir musim 2020. Dovizioso bahkan sudah lakoni beberapa kali tes dengan Aprilia sepanjang musim 2021.

Namun ternyata, sama sekali tak ada opsi kedua untuk jadikan Dovizioso menampingi Espargaro tahun depan.

Dengan masuknya Vinales maka bisa dipastikan Dovi tak masuk line up Aprilia musim depan. Tapi mungkin saja peran tester bisa ia ambil jika gagal mendapat tempat regular di MotoGP 2022. (rnp)

 

TERKINI
FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya