Suzuki XL7, Mobil Penjelajah yang Diminati hingga Luar Negeri

Kamis, 09/09/2021 18:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Suzuki XL7 merupakan model Sport utility Vehicle (SUV), dengan kenyamanan ala Multy Pupose Vehicle (MPV) Ertiga. Eksteriornya yang maskulin menempatkannya menjadi mobil serba bisa. Bisa melahap medan onroad sekaligus offroad dengan nyaman.

Sejak mengaspal di Tanah Air Februari 2020, ia langsung menyita perhatian insan otomotif dengan tampilan maskulinnya. Tubuhnya yang gagah ditopang ground clearance hingga 200 mm, pelek 16-inci dengan ban ukuran 195/60, menjadikannya penjelejah yang praktis dengan fungsionalistas tinggi.

Tak hanya interiornya yang berhasil menggoda, interiornya juga nyaman dengan sematan fitur moderen seperti Smart E-Mirror, push start stop button, AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga.

Sementara untuk keamanannya solid dengan dukungan fitur berkelas seperti ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

Tampang dan fitur pendukung yang apik, membuat Suzuki berani menaruh harapan besar untuk mendukung penjualan. Dan XL7 membuktikannya target 2000 unit penjualan perbulan, langsung terwujud di bulan pertamanya. Bahkan sebelum sebulan, ia berhasil terjual 2.001 unit.

Mobil ini menggendogn mesin  K15B dengan kapasitas 1.462cc yang dapat mengahasilkan daya sebesar 104,7 PS di putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm, yang dipadukan dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan Otomatis 4-percepatan. 

Di masa Covid-19, penjualannya tetap menjanjikan. Merujuk data Suzuki, untuk retail sales di Maret 2021, XL7 mencatatkan penjualan 8.179 unit. Ini terpengaruh insentif PPnBM yang digulirkan pemerintah. Namun lebih dari itu, XL7 sejak awal telah memikat konsumen yang ingin mendapatkan kenyamanan sekaligus ketangguhan yang dibawanya.

Diminati di Luar Negeri

Sebagai pendatang baru dalam deretan mobil Suzuki yang beragam, XL7 termasuk sukses. Ia masuk list kendaraan eskpor Suzuki, bersama model lainnya seperti Ertiga maupun Carry Pickup yang sering meleggang ke luar negeri.

Ia turut mendukung pemerintah ketika dampak Covid-19 memberatkan ekonomi. Bahkan menjadi kontributor ekspor terbesar di Suzuki. Catatan ekspor Suzuki periode Januari Maret, dikuartal awal 2021, yang tumbuh 12 %, dibantu XL7.

SUV 7 penumpang dengan harga RP mulai Rp 236,2 juta itu, melambung karena secara presntase tumbuh 136 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini, tentu menunjukan kualitas XL7 yang juga diminati ke 30 negara tujuan ekspor antara lain negara-negara Amerika Latin dan Asia Tenggara.

"Ekspor XL7 yang meningkat hingga 136 persen dan Karimun Wagon R sebesar 277 persen. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menghadirkan produk berkualitas internasional serta dapat memenuhi kebutuhan pasar luar dan dalam negeri," kata Production Planning Control Assitant to Dept, Head PT SIM, Apriyanto melalui keterangan resminya.

Bagi Suzuki, kehadiran XL7 seolah membangkitkan Suzuki Escudo XL7, yang sukses di masanya. Ia bisa menjadi suksesor dari Escudo, yang lahir 2003 dan menjadi legenda.

Ketua umum Ertiga Club Indonesia (ERCI) dalam sebuah kesempatan mengungkapkan XL7 layaknya ERtiga yang ditinggikan sehingga kenyamanan dan kemampuan jelajahnya apik untuk model jalan di Indonesia.

"XL7 lebih cocok untuk orang yang berjiwa petualang dan suka berkemah.Ia mampu melibas jalan mendaki dengan kontur offroad, juga tidak mentok saat melewati rintangan di berbagai medan," kungkap Erwan dalam sebuah kesempatan.(Elk)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia