F1 2021 Rusia: Gokil, Bottas "Pindah" Posisi Start ke Belakang, Taktik Bendung Verstappen?

Minggu, 26/09/2021 18:51 WIB

mobilinanews (Rusia) - Hanya 3 jam jelang start GP Rusia di Sirkuit Sochi, Mercedes bikin kejutan. Valtteri Bottas mendadak ganti mesin dan start dari P16.

Ini keputusan yang sebetulnya aneh tak aneh. Aneh karena baru dua minggu lalu Bottas ganti mesin di GP Italia. Artinya, mesin baru jalan beberapa ratus kilometer. 

Tapi, tak aneh jika keputusan itu menjadi taktik Mercedes membantu Lewis Hamilton mengeruk sebanyak mungkin keuntungan poin dari Max Verstappen yang jadi satu-satunya rival dalam perebutan gelar 2021.

Sebelumnya, Verstappen sudah ambil penalty start belakang dengan ganti mesin. Pembalap Red Bull Honda ini akan mulai balapan dari posisi 20.

Mungkin saja mesin baru Bottas memang bermasalah di Sochi dan karena itu gagal menembus 3 Besar kualifikasi. Sementara Hamilton akan start dari P4.

Tapi, sebagian besar pendapat di paddock Sochi menilai Bottas memang sengaja dipindah ke garis belakang dengan tujuan tunggal: menahan laju Verstappen ke zona poin. Dengan demikian keunggulan Verstappen 5 poin atas Hamilton bisa dibalik dengan tambahan poin signifikan usai GP Rusia. 

Sebuah dugaan yang masuk akal. Usai GP Rusia hanya tersisa 7 race. Karena itu poin dari satu race ke race berikutnya sangat krusial.

Benarkah demikian?  Mari saksikan sebentar lagi. Bagaimana Bottas menahan Verstappen akan menjawab dugaan tersebut. (rnp)

STARTING GRID GP RUSIA 2021

PositionDriverTeam
1Lando NorrisMcLaren
2Carlos SainzFerrari
3George RussellWilliams
4Lewis HamiltonMercedes
5Daniel RicciardoMcLaren
6Fernando AlonsoAlpine
7Lance StrollAston Martin
8Sergio PerezRed Bull
9Esteban OconAlpine
10Sebastian VettelAston Martin
11Pierre GaslyAlphaTauri
12Yuki TsunodaAlphaTauri
13Kimi RaikkonenAlfa Romeo
14Mick SchumacherHaas
15Nikita MazepinHaas
16Valtteri BottasMercedes
17Antonio Giovinazzi*Alfa Romeo
18Nicholas Latifi*Williams
19Charles Leclerc*Ferrari
20Max Verstappen*Red Bull

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia Sumatra Dirt Bike, Ajang Adventure Yang Ditunggu Kini Bakal Hadir