F1 2021 Meksiko: Max Verstappen Abaikan Status Favorit, Sergio Perez Sadar Diri!

Jum'at, 05/11/2021 23:31 WIB

mobilinanews (Meksiko) - Dalam seminggu terakhir, Red Bull Honda jadi topik berita spesial memasuki seri balap F1 di GP Meksiko, 5-7 Novemer 2021 akhir pekan ini.

Ada 2 topik bahasan. Status Red Bull Honda sebagai favorit pemenang dan posisi local hero Sergio Perez yang bisa jadi bakal dilematis.

Max Verstappen, pembalap unggulan Red Bull Honda yang tengah bertarung melawan Lewis Hamilton (Mercedes) dalam perburuan gelar 2021, ternyata menanggapi enteng kedua isu yang jadi sorotan itu.

Pengamat bilang, mobilnya lebih diuntungkan karena lokasi sirkuit yang berada di ketinggian 2,2 km di atas permukaan laut. Udara tipis dan kurangnya oksigen membuat mesin Honda lebih mantap dibandingkan Mercedes.

"Saya tak yakin dengan anggapan itu. Di Austin (GP AS) semua orang mengira Mercedes akan menang, tapi akhirnya kami yang menang. Semuanya bergantung pada semua pekerjaan dengan detailnya. Jika tidak melakukannya dengan benar maka kami tak akan menang. Itu yang mesti kami pastikan," ucap Verstappen yang unggul 12 poin atas Hamilton di klasemen pembalap.

Soal Perez juga ia tanggapi. Di depan sekitar 130.000 penonton yang akan memenuhi trek Hermanos Rodriguez yang didesain mirip stadion di tengah kota itu, bisa dipastikan mayoritas adalah fans sang pembalap local hero.

Kini Perez membesut mobil yang kompetitif dan berpeluang besar meraih kemenangan kali keduanya bersama Red bull musim ini. Terlebih lagi setelah ia podium di GP AS.

Perez sendiri mengaku sangat terobsesi untuk menjadi juara di negeri sendiri, di tengah dukungan penggemar fanatiknya. Tapi, ia juga sadar kalau di sisi lain harus memberikan dukungan buat Verstappen dalam perburuan gelar 2021.

Singkatnya, jika situasi memungkinkan maka Perez akan mengalah demi pertambahan poin rekan setimnya. Sangat wajar jika ada team order bila situasi memungkinkan Perez beri bantuan kepada Verstappen.

Verstappen mengaku memahami situasi dan potensi yang dimiliki Perez di home race-nya. Soal hasratnya yang tinggi menjadi juara di negeri sendiri, seperti halnya Verstappen di GP Belanda tempo hari, di tengah lautan Orange Army yang mendukungnya.

Verstappen akui soal team order sama sekali belum dibahas sebagai bakal strategi tim di Hermanos Rodriguez. Namun, ia punya solusi agar masalah itu tak perlu dibahas dengan ribet dan banyak pertimbangan.

"Saya harus siapkan diri jadi pemenang, berada terdepan sejak awal. Dengan begitu maka kami tak perlu membahas soal itu (team order)," tandasnya, entah serius atau bergurau.

Tapi, cara itu tentu benar adanya. Ia harus berjuang sendiri untuk wujudkan mimpi jadi juara dunia F1 kali pertama. (rnp)

TERKINI
FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin, Begini Peluang dan Tantangannya