MotoGP 2022: Dengan Upacara Khusus di Mugello, Nomor 46 Milik Rossi Akan Resmi Dipensiunkan

Minggu, 15/05/2022 00:28 WIB

mobilinanews (Italia) - Lama tak muncul di depan fans MotoGP, Valentino Rossi akan hadir Gran Premio D`Italia di Sirkuit Mugello, 27-29 Mei 2022. 

Rossi akan ikuti upacara khusus untuk memensiunkan nomor legendaris 46 di kancah MotoGP, yang berarti tak ada yang boleh gunakan nomor kramat dan terhormat itu.

Mugello menjadi tuan rumah GP Italia yang merupakan putaran ke-8 kompetisi tahun 2022. Selain Misano, Mugello adalah sirkuit di mana penonton pendukung fanatik Rossi selalu hadir besar-besaran, gegap gempita dengan berbagai selebrasi unik tiap kali sang idola meraih kemenangan.

Mugello juga menjadi kenangan buruk karena di sanalah The Doctor atau Il Dottore pernah alami kecelakaan fatal yang nyaris membunuh karir balapnya.

Rossi adalah legenda, pemilik 9 gelar juara dunia dan berbagai rekor penting. Penggemar fanatiknya di Indonesia malah menjuluki Rossi sebagai Dewa MotoGP. Sang Dewa sudah pensiun di akhir musim 2021 dalam usia 42 tahun.

Kini FIM dan Dorna Sports juga memensiunkan nomor 46 yang digunakan Rossi dalam 26 tahun karir balapnya. Nomor itu tak akan ada lagi di lintasan MotoGP. Tapi, itu tak hilang dari kancah balap dunia karena Rossi masih gunakan dalam berbagai ajang balap mobil yang mulai tahun 2022 ini ia geluti.

Penyelenggara GP Italia 2022 pun sudah siapkan upacara secara khusus untuk menandai berakhirnya #46 di kelas MotoGP.

Dilangsungkan pada Sabtu (28-5-2022) sebelum sesi kualifikasi dengan mengambil tempat di trek lurus Mugello dan Rossi dipastikan hadir dalam upacara itu.

Sejak pensiun dan kemudian punya putri, Rossi belum pernah tampak hadir di seri balap MotoGP.

Padahal, ia pemilik tim VR46 Racing Team bermesin Ducati dengan joki Luca Marini yang tak lain adalah adik tirinya dan rider muda Marc Bezzecchi yang binaan Rossi camp Tavuilla seperti halnya Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli. (rnp)

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia Sumatra Dirt Bike, Ajang Adventure Yang Ditunggu Kini Bakal Hadir