Kaleidoskop 2015 : GIIAS VS IIMS

Senin, 28/12/2015 16:53 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Dunia otomotif Indonesia tahun 2015 dipusingkan dengan hadirnya dua event pameran otomotif dengan klaim sebagai yang terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara, Indonesia International Motor Show atau yang dikenal dengan IIMS dan GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2015.

Pusing bukan karena dua-duanya mengklaim sebagai terbesar, tetapi karena waktu pelaksanaannya yang benar-benar bareng, 20-30 Agustus 2015 dengan venue yang berbeda. IIMS masih di lokasi yang sama dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Sementara GIIAS memilih lokasi baru yang lebih modern, ICE BSD, Tangerang Selatan.

Persaingan dua pameran inilah yang akhirnya membuat banyak pihak merasa galau. Bukan saja pihak APM (Agen Pemegang Merek) atau industri pendukung otomotif saja, bahkan sekelas Menteri Perindustrian Saleh Husin pun dibuat bingung.

Dalam wawancara mobilinanews bersama Menperin Saleh Husin beberapa hari setelah kedua pameran berakhir, terlontar rasa penyesalan dari Menteri terkait bentroknya dua pameran tersebut.

"Saya menyayangkan dua pameran yang berlangsung secara bersamaan. Sebaiknya ke depan kegiatan pameran semacam ini dilakukan dalam waktu yang berlainan. Agar masyarakat dapat diperkenalkan berbagai produk kendaraan di sela waktu yang berlainan," ucap Saleh Husin.

Kendati demikian, kedua pameran otomotif ini tetap berlangsung dengan sebagaimana mestinya. GIIAS 2015 hadir mengusung pameran mobil terbaru beserta kecanggihan teknologi dari masing-masing pabrikan, tentunya juga dengan beberapa model konsep nongkrong di sini.

Sementara IIMS 2015 hadir dengan lebih menyatukan semua aspek otomotif, mulai dari mobil dan motor baru, promo penjualan, hiburan serta berbagai aktivitas menarik lainnya.

Catatan khusus dari GIIAS 2015 adalah menjadi rumah kelahiran produk terbaru Honda, yakni Honda BR-V yang untuk pertama kalinya diluncurkan di dunia (World Premiere) sekaligus menjadi bagian dari sejarah pentingnya pasar Indonesia bagi pabrikan asal Jepang pesaing utama Toyota ini. Lalu keesokan harinya, model baru Honda ini juga akhirnya tampil menyapa pengunjung di IIMS 2015.

Sementara IIMS 2015 juga tak kalah apiknya dengan menghadirkan banyak konsep autotainment yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Sebut saja kehadiran mobil-mobil karakter di film-film box office Hollywood seperti Bat-Mobile, Mustang Dominic Toretto (The Fast and the Furious), juga opelet legendaris milik Dono di film Warkop DKI. Bahkan IIMS secara spesial menghadirkan konser Ariana Grande sebagai salah satu bagian dari konten acara IIMS 2015.

Yang paling menarik adalah acara pembukaan kedua pameran ini sama-sama dilakukan oleh Wakil Presiden RI, H Jusuf Kalla. Karena meskipun memiliki jadwal pelaksanaan yang sama (20-30 Agustus 2015), IIMS sedikit mengalah dengan memajukan opening ceremony di tanggal 19 Agustus 2015, sementara GIIAS di 20 Agustus 2015.

Masing-masing dari kedua pameran ini yang pasti memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri yang harus menjadi evaluasi untuk pelaksanaan tahun berikutnya. Dan kabar yang paling menggembirakan adalah, tahun depan Indonesia akan punya dua pameran otomotif berskala internasional dengan waktu pelaksanaan yang berbeda. IIMS berlangsung di bulan April 2016, sementara GIIAS di bulan Agustus 2016.

Semoga dengan kehadiran dua pameran ini mampu memacu pertumbuhan industri otomotif nasional yang sempat terpuruk di tahun ini. Harapan lainnya 2016 bisa menjadi tahun di mana otomotif Indonesia bisa kembali mencatat penjualan kendaraan roda empat mencapai 1,2 juta unit atau lebih.        

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan F1: Paket Premium Max Verstappen, Fernando Alonso dan Adrian Newey di Aston Martin. Begini Peluang dan Tantangannya Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia Sumatra Dirt Bike, Ajang Adventure Yang Ditunggu Kini Bakal Hadir