Tips Persiapkan Mobil Untuk Pebalap Pemula Di Sentul

Sabtu, 13/02/2016 16:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Masuk ke dunia balap butuh persiapan, terutama bagi pebalap baru alias pemula.
Pilihan kelas yang tepat serta modifikasi yang dilakukan pada kendaraan, tentunya akan menentukan performa serta prestasi pebalap nantinya.

Modifikator seniorAnton Hudijana, ketika ditemui di bengkel ASCO tak segan-segan memberikan tips ringan bagi para pemula yang ingin memulai karir di dunia balap.

"Kelas yang saat ini bisa jadi pilihan tepat adalah Honda Brio 1.200 cc. Karena itu yang ada di Sentul," ujar bapak saru anak ini.

Untuk persiapan awal, calon pebalap pemula harus memiliki mobil Honda Brio 1.200 cc. "Pilih Brio Satya saja, jadi tidak terlalu mahal," ujar punggawa bengkel di Jl Pegangsaan 2/99A ini, Jakarta Timur itu.

Untuk peranti keselamatan standar sudah jadi syarat utama. Seperti contohnya seatbelt 4 atau 5 titik, pemadam kebakaran beserta braketnya, jok balap, setir racing, roll bar, baju balap, sarung tangan, sepatu balap, hans dan balaclava.

Persiapan lainnya juga diperlukan, terutama pada modifikasi kendaraan itu sendiri. Yang tentunya mengacu pada peraturan perlombaan tahun ini pada kelas tersebut.

"Piggy bag computer sangat disarankan. Biasanya kita pakai unichip," tutur modifikator yang memulai bisnis bengkel sejak tahun 1985 ini.

Pilihan merek shockbreaker racing one-way bisa beragam, antara lain Buddy Club, Yellow Racing, dan merek lainnya. Kisaran harganya sekitar 20 jutaan.

Bicara tentang velg, ia pun menambahkan, "Pilih velg racing ring 15, dengan lebar 6,5 atau 7 inch. Baut roda panjang dan mur kompetisi juga mutlak untuk mensupport velg racing ini."

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemilihan kampas rem. "Pilih kampas rem yang bisa tahan sampai 700 derajat dan jangan lupa untuk mengganti selang rem kompetisi," ujar pemilik bengkel yang berhasil mengantongi juara nasional balap mobil Indonesian Super Production 2012 & 2013 lewat 2 pebalapnya, Roy Haryanto dan Haridarma ini. (Teks dan Foto Rally Marina)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine