Tidak Diteken IMI, MXGP 2017 Di Pangkalpinang Terancam Batal

Jum'at, 02/09/2016 12:16 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Perjanjian penyelenggaraan Motocross Grand Prix (MXGP) 2017 terancam batal. Pasalnya, perjanjian kerjasama yang dilakukan di Thailand awal tahun ini dinilai cacat hukum karena tidak dilakukan Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku asosiasi resmi olahraga bermotor di Indonesia.

“Bukan berarti tidak bisa dilaksanakan, melainkan perjanjian yang melibatkan Youthstream Group selaku pemilik kejuaraan dengan pemerintah Kota Pangkalpinang harus dibatalkan dulu. Baru setelah itu, dilakukan lagi penandatangan lagi yang sesuai peraturan,” ujar Yusup Suparman, Kepala Bagian Hukum Kemenpora di Jakarta, Kamis (1/9).

Sesuai UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, kata Yusup, perjanjian international di bidang olahraga menjadi kewenangan pemerintah pusat. Pada perlombaan event tunggal, induk organisasi olahraga menjadi wakil pemerintah puat untuk mengadakan perjanjian.

“IMI ditunjuk pemerintah pusat untuk mengadakan perjanjian ulang dengan Youthstream untuk menggelar MXGP 2017. Setelah itu, IMI dapat bekerja sama dengan Pemkot Pangkalpinang atau pemerintah daerah lain sebagai tuan rumah,” lanjut Yusup.

Kota Pangkalpinang sudah mendapat kalender seri ke-2 MXGP pada bulan Maret 2017. Selain MXGP, juga sebagai tuan rumah seri 1 Women MXGP pada waktu yang sama.
MXGP merupakan lomba balap motocross paling tinggi di dunia. Ada 19 negara ikut serta dengan 80 crosser terbaik dunia berlomba memperebutkan 2 kelas utama. Lomba ini setara dengan MotoGP, hanya MXGP di lintasan tanah liat.

Jefffey JP selaku Sekretaris Jenderal PP IMI menyatakan IMI siap menyusun perjanjian yang baru dengan Youthstream untuk menggelar MXGP 2017 di Indonesia.

“IMI akan berkomunikasi dengan Pemkot Pangkalpinang dan mempelajari aspek pendukung di sana. Jika memenuhi syarat, MXGP bisa digelar di Pangkalpinang. Tetapi juga bisa dialihkan ke kota lain jika Pangkalpinang dinilai tidak layak menggelar MXGP,” sebut Jeffrey.
Nah loh. (budsan)

 

TERKINI
Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo Intip Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Layak Menjadi Inspirasi