mobilinanews

Test Drive: Menjajal Performa & Fitur Premium New Honda City Sembari Menjelajah Kota

Jum'at, 21/04/2017 12:24 WIB
Test Drive: Menjajal Performa & Fitur Premium New Honda City Sembari Menjelajah Kota
New Honda City hadirkan fitur lengkap dan termewah di kelasnya (Foto: adri)

mobilinanews (Tangerang) - Meski pasar segmen sedan sedang mengalami penurunan, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) tetap optimis sedan Honda City masih mendapat tempat di hati para konsumen tanah air. Honda sendiri berharap banyak terhadap varian sedan New Honda City yang baru saja diluncurkan Maret lalu. 

Beragam ubahan dan ivonasi serta penambahan fitur premium baru pada New City tidak bisa dipungkiri memberikan sensasi mengagumkan saat berkendara di tengah kota. Bersama puluhan jurnalis otomotif nasional, redaksi mobilinanews turut menjajal berbagai hal baru yang ditawarkan New City. 

Baca juga: Pasar Sedan Menurun, Honda Mencari Celah Lewat New City

Perubahan disematkan mulai dari sisi eksterior dan interior. Untuk eksterior sedan New City tampil dengan desain yang jauh lebih dinamis, sporty, dan mewah dibandingkan versi terdahulu. 

 

New Honda City hadir dengan desain sporty dan mewah

Catatan menarik adalah teknologi full LED disematkan pada headlamp yang dilengkapi Foglamp dan Daytime Running Light yang memberikan kenyamanan berkendara pada malam hari saat cuaca hujan. Honda mengklaim New Honda City menjadi mobil pertama di segmen small sedan yang menggunakan fitur ini. Selain itu, penggunaan Alloy Wheel 16 inchi juga membuat tampilan luar New City semakin sporty dan cool.

Sementara itu, mengulik sisi interior New Honda City didesain dengan konsep "Rich and Sophisticated". Panel dashboard terlihat mewah serta dilengkapi Multi Information LCD Display yang memberikan informasi penting saat berkendara. 

Duduk di bagian kabin, sedan yang satu ini cukup nyaman dan lapang baik untuk penumpang depan dan penumpang di kursi belakang. Interior juga dilengkapi rear AC Ventilation dan Rear Armrest with cup holder demi memanjakan penumpang kursi belakang. 

"New Honda City hadir untuk merepresentasikan kesuksesan serta membawa kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Kami percaya penyegaran ini akan memberikan nilai lebih bagi konsumen dan meneruskan kesuksesan model ini di Indonesia," kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM di sela-sela sesi test drive yang berlangsung di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan, Kamis (20/4). 

 

Sensasi Berkendara

Untuk menyalakan mesin mobil, New Honda City sudah mengaplikasikan tombol Start/Stop baik untuk yang transmisi manual ataupun versi otomatis. Untuk versi manual pengemudi cukup menekan tombol Start/Stop berbarengan dengan menginjak pedal kopling sedangkan untuk transmisi otomatis pengemudi cukup menekan tombol start/stop berbarengan dengan menginjak pedal rem. Cukup mudah bukan?

Kawasan Alam Sutera sengaja dipilih karena New City memang sangat cocok untuk berkendara di tengah kota dengan keramaian dan kondisi lalu lintas yang padat. Karena itu, fitur hiburan juga perlu menjadi pertimbangan. Jangan khawatir, sedan New Honda City dilengkapi perangkat hiburan menggunakan Smart 8 inchi Floating A/V System bisa dikoneksikan ke perangkat smartphone IOS ataupun Android. 

 

Interior New Honda City, perangkat multimedia dan tombol start/stop dengan lampu kedip 

Secara umum, mengendarai New Honda City di tengah kota terasa nyaman dan menyenangkan karena mobil ini memang diperuntukkan bagi pengemudi urban. Mesin terdengar halus dan performa mesin juga sangat responsif. Ditambah lagi dengan fitur-fitur keselamatan yang hadir dalam paket lengkap antara lain Anti Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist, Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Assist (VSA), Motion Adaptive Electric Power Steering (EPS), Hill Start Assist (HSA) untuk keamanan saat jalanan menanjak dan menurun, SRS Airbag dan i-SRS Airbag, serta 3 point Seat Bealt.

 

Fitur Hill Start Assist memberikan rasa aman kepada pengemudi saat jalan menanjak

Untuk test drive kali ini, redaksi mobilinanews kebagian unit CVT otomatis. Jika melihat dari CV dan bidoatanya, sedan seharga Rp 322 juta ini diperkuat mesin 1.5L SOHC i-VTEC dengan tenaga maksimum sebesar 120PS pada 6600 rpm serta torsi maksimum 14.8 kgm pada 4600 rpm, terbesar untuk segmen di kelas small sedan. Hal menarik lainnya adalah pengemudi ditawarkan sistem Ecological Drive Assist System (ECON) jika ingin berkendara hemat bahan bakar. 

Sayangnya keterbatasan waktu dan medan membuat kami tidak bisa mengeksplorasi performa mesin 1500 cc New Honda City karena kondisi lalin yang cukup padat di kawasan Alam Sutera. 

Tetapi sesekali digeber mobil ini terasa begitu responsif. Hal tersebut jelas terasa saat redaksi mulai menginjak pedal gas, New Honda City seketika berubah macho dan garang. 

 

Mesin 1500 cc SOHC i-VTEC

Kenyamanan menjajal performa juga semakin berkesan saat mencoba sensasi manual untuk tipe CVT. Pengemudi hanya cukup memindahkan tuas transmisi ke posisi S (Sport), lalu silahkan mengatur sendiri kecepatan dengan menggunakan paddle shift di roda kemudi.  

Lagi-lagi masalah waktu yang terbatas membuat redaksi masih penasaran dengan performa sedan yang disandingkan dengan kompetitor Toyota Vios ini. Selain itu area test drive di kawasan Alam Sutera membuat kami belum bisa menceritakan bagaimana mobil ini melewati jalan rusak. Mungkin di kesempatan lain, kami akan mengulas lebih detail semua fitur dan performa puncak New Honda City. 

Namun, secara keseluruhan di segmennya New Honda City memang sedikit unggul dari sisi kemewahan. Wajar saja, Budget Rp 300 juta-an menjadi syarat mutlak bagi anda yang menginginkan mobil ini. New Honda City termurah dibanderol dengan harga Rp 312 juta untuk tipe E manual sedangkan untuk tipe E CVT dibanderol Rp 322 juta on the road Jabodetabek. (adri)

 

New Honda City tipe E CVT dibanderol Rp 322 juta otr Jabodetabek

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo